Air Terjun Wana Ayu di Buleleng, Bali

0 18

Air Terjun Wana Ayu

Air Terjun Wana Ayu merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Dusun Runuh Kubu, Desa Padang Bulia, Kec. Sukasada, Kabupaaten Buleleng, peta lokasi tempat ini bisa dicek di google maps. Hadirnya Air Terjun Wana Ayu atau dikenal juga sebagai Padang Bulia waterfall menambah deretan panjang daftar air terjun di kawasan Bali Utara ini. Lokasi dari Air Terjun Wana Ayu ini tidak jauh dari pemukiman warga, namun demikian akses menuju ke lokasi harus melewati anak tangga dan jalan setapak.

Air Terjun Wana Ayu di Padang Bulia, memang belum digarap secara maksimal, padahal potensi dari tempat ini bisa menjadi tujuan objek wisata alam baru dan menjadi agenda tujuan berkunjung saat wisatawan mengagendakan tour di Bali terutama tour ke wilayah Bali Utara. Sarana pendukung sebagai objek wisata memang belum begitu memadai, namun demikian tawaran keindahan yang masih alami dan asri tidak akan mengurungkan mereka yang ingin menikmati alam dengan suasana dan nuansa baru untuk berkunjung ke Air Terjun Wana Ayu.

 

Keberadaan Air Terjun Wana Ayu tentunya sudah ada sejak lama, apalagi air yang mengalir di air terjun Padang Bulia ini berasal dari aliran air terjun Gitgit yang sudah sangat populer, namun karena letaknya tersembunyi, berada diantara semak-semak belukar dan pepohonan dan akses ke lokasi belum ada, sehingga tempat ini memang kurang begitu dikenal. Namun setelah seorang warga bersama anak dan istrinya membangun rumah berdekatan dengan air terjun, maka mulailah mereka membuat jalan setapak menuju ke tempat ini.

Air terjun yang indah dan sebelumnya belum dikenal warga. kini mulai dikunjungi oleh warga sekitarnya, bahkan terkadang pengunjung dari luar Padang Bulia. Kunjungan warga ke tempat ini tentunya menjadi media promosi yang efektif, karena mereka secara tidak langsung mempromosikan keberadaan Air Terjun Wana Ayu, yang cukup lumrah mereka unggah pengalaman wisata beserta photo di lokasi di sosial media atau sosmed. Kedepannya mungkin pemerintah daerah bekerjasama dengan warga Padang Bulia, bisa menggarap tempat ini dengan lebih baik, terutama akses jalan menuju lokasi serta sejumlah fasilitas lainnya.

Akses menuju air terjunWana Ayu memang melalui jalan setapak dan menuruni tangga serta melewati semak-semak agar tiba di lokasi. Bagi mereka yang suka wisata petualangan, terutama kalangan kawula muda yang ingin menemukan tempat-tempat baru atau mereka yang suka hunting photo tentang keindahan alam, maka Air Terjun Wana Ayu menjadi tempat ideal untuk berpetualang. Suasana alam sekitarnya sangat asri, damai dan tenang. Mereka yang mulai jenuh dengan suasana alam pantai, maka Air Terjun Wana Ayu bisa menyajikan petualangan alam liar bagi anda.

Source http://www.balitoursclub.net http://www.balitoursclub.net/air-terjun-wana-ayu-di-padang-bulia/
Comments
Loading...