Air Terjun Waisia : Destinasi Wisata Alam di Maluku

0 24

Air Terjun Waisia

Air terjun merupakan obyek pariwisata alami yang begitu menarik untuk dikunjungi. Biasanya wisatawan dapat berenang di bawah derasnya air terjun tersebut atau hanya sekedar duduk memandang keindahan air terjun dari kejauhan. Pulau Seram bagian barat memiliki beberapa obyek air terjun yang sangat cantik dan beberapa diantaranya berada di kawasan desa atau negeri Rumahkay, Seram Bagian Barat.

Negeri Rumahkay tidak jauh dari pelabuhan Waipirit yang menghubungkan Pulau Ambon dengan Pulau Seram. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja dengan kendaraan bermotor untuk sampai di desa Rumahkay yang terkenal dengan keramahan penduduknya. Negeri Rumahkay memiliki dua air terjun cantik yang bernama Waihetu dan Waisia, masing-masing terletak di sisi kanan dan kiri Negeri Rumahkay.

Salah satu yang terbesar adalah air terjun Waisia yang tingginya mencapai 80 meter. Untuk mencapai air terjun ini, kendaraan bermotor hanya dapat sampai di ujung jalan setapak saja dan kami harus berjalan kaki hingga sekitar 500 meter menuju air terjun Waisia. Perjalanan ini tidak akan terasa lama karena kami menyusuri sungai dengan tebing hutan di kanan kirinya yang sudah pasti memberikan keindahan panorama yang luar biasa. Sayangnya, ketika kami mengunjungi air terjun tersebut, beberapa infrastruktur seperti jembatan dan jalan beton terlihat rusak karena banjir bandang yang melanda negeri Rumahkay beberapa tahun silam.

Namun kesedihan banjir ini langsung sirna ketika kami sampai di titik pusat air terjun Waisia. Kami melihat sebuah air terjun yang begitu megah dengan batuan masif di kanan dan kirinya membentuk lukisan alam yang luar biasa indahnya. Percikan air sudah dapat kami rasakan dari kejauhan dan segarnya membuat kami merasa ingin langsung berada di bawah air terjun tersebut. Air terjun Waisia adalah air terjun yang sangat indah dan menarik bagi para wisatawan. Terlepas dari musibah banjir yang pernah melandanya, Waisia merupakan kekayaan alam yang dapat diolah oleh penduduk setempat menjadi potensi wisata negeri Rumahkay.

Air sungai tampak mengalir di sela-sela bebatuan kali yang berukuran cukup besar. Tidak hanya berenang, para wisatawan juga dapat berfoto bahkan piknik di sekitar area air terjun. Kontur tanah di air terjun ini cukup landai sehingga aman bagi para wisatawan untuk mengeksplorasi setiap sudut di area air terjun ini. Waisia merupakan air terjun yang sangat cantik untuk dikunjungi.

Akses yang mudah dan kondisi alam yang aman merupakan kelebihan dari air terjun Waisia dibanding air terjun lain di Seram bagian Barat. Penduduk lokal pun dapat menjadikan obyek wisata ini sebagai sumber penghasilan mereka. Namun semua keunggulan ini dapat diwujudkan dengan satu syarat kerjasama antara pemerintah dan penduduku lokal di dalam pengelolaan obyek wisata Air Terjun Waisia.

Source https://www.indonesiakaya.com https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/air-terjun-waisia-kebanggaan-negeri-rumahkay
Comments
Loading...