Air Terjun Villamasin dan Pemandian Air Panas di Kabupaten OKU yang Elok

0 5

Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumsel, sebenarnya memiliki banyak potensi wisata alam yang mengagumkan. Sayangnya, hingga saat ini belum ada yang dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah setempat. Meski begitu, dengan kondisi apa adanya, ada beberapa destinasi wisata alam yang cukup menarik perhatian masyarakat.

Salah satunya air terjun yang terdapat di Desa Villamasin, Mendah, Kecamatan Jayapura, OKU Timur. Karena akses menuju lokasi tidak bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat, belum banyak masyarakat yang mendatangi air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter itu. Belum lama ini, sejumlah crosser yang berusaha mencari tantangan berhasil menemukan potensi-potensi wisata itu berikut pemandian air panas yang disebut gentongan.

 

 

Mereka pun menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat peristirahatan setiap melakukan adventure menggunakan trail. Para crosser yang sudah menempuh perjalanan berlumpur menghilangkan penat dengan menikmati keindahan air terjun serta meregangkan otot dengan berendam di pemandian air panas. Sayangnya, potensi wisata baik air terjun maupun pemandian air panas yang ada hanya bisa dinikmati oleh para crosser.

Hal itu disebabkan karena kondisi medan yang tidak mungkin untuk dilalui menggunakan kendaraan roda empat. Meski jarak tempuh dari ibu kota kabupaten yakni Kota Martapura hanya sekitar dua jam menggunakan trail, namun masyarakat menilai lokasi tersebut sangat jauh karena medan yang cukup sulit. Ditambah lokasi yang belum banyak diketahui warga karena berada di pegunungan di Desa Mendah. Air terjun dan pemandian air panas yang menjadi salah satu lokasi favorit masyarakat Desa Villamasin, Mendah tersebut tidak pernah dikunjungi oleh masyarakat luar kecuali mereka yang biasa melakukan petualangan menggunakan trail.

Source http://www.tribunnews.com http://www.tribunnews.com/travel/2015/06/30/air-terjun-villamasin-dan-pemandian-air-panas-di-kabupaten-oku-yang-elok-sayang-akses-lokasi-payah?page=4
Comments
Loading...