Air Terjun Tundolawe Wisata Alam di Blitar Jawa Timur

0 160

Air Terjun Tundolawe

Gandusari merupkan salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Blitar, tepatnya di kaki Gunung Kelud, Blitar utara. Gandusari selama ini dikenal memiliki banyak potensi wisata alam, keragaman budaya, dan peninggal sejarah. Salah satu potensi wisata alam di Gandusari adalah air terjunnya. Yang akan D’Trav bahas kali ini adalah Air Terjun Tundolawe yang baru dibuka sebagai destinasti wisata sekitar bulan November 2016.

Air Terjun Tundolawe Wisata Alam di Blitar Jawa Timur5

Air Terjun Tundolawe merupakan salah satu wisata alam yang  berada di Lereng Gunung Kelud, kawasan Perhutani Petak 6 A, RPH Gandusari. Secara administratif terletak di Dusun Rotorejo, Kruwuk, Desa Gadungan. Wisata Air Terjun Tundolawe ini berdekatan dengan Bendungan Ngusri. Jalan menuju Tundolawe sudah dibuka oleh masyarakat setempat dan Perhutani, namun treknya lumayan panjang, naik turun, dan melewati sungai. Treknya dijamin asik, terutama bagi kalian yang doyan berpetualang. Jangan lupa siapkan fisik yang prima, mental kuat dan mamin (makan minum) sebelum memulai perjalanan.

Air Terjun Tundolawe Wisata Alam di Blitar Jawa Timur5

Rute Menuju Air Terjun Tundolawe

Bagi traveler sekalian yang tertarik menyambangi Tundolawe, berikut rutenya dari arah Blitar: Kota Blitar ke timur mengikuti jalur trans Malang – perempatan Talun ke kiri (utara) – ikuti jalur Desa Tambakan – setelah masuk gapura Desa Gandusari ada perempatan, lurus saja ke arah Desa Gadungan – ikuti jalur menuju Kantor Desa Gadungan – setelah itu ikuti arah menuju Bendungan Ngusri – Sebelum Bendungan Ngusri ambil arah kiri (lewat atas cek DAM) – ikuti sampai ketemu perkebunan kopi –  dari situ sudah ada plangkat (penunjuk arah) menuju Air Terjun Tundolawe. Semoga berhasil Jaga kebersihan air terjun ini ya. Jangan corat-coret (vandalisme). Jaga sampahmu, buang ketempatnya atau bawa pulang.

Source https://travellersblitar.com https://travellersblitar.com/air-terjun-tundolawe-blitar/
Comments
Loading...