Air Terjun Tunan, Salah Satu Objek Wisata Alami di Minahasa Utara

0 42

Air Terjun Tunan

Sulawesi Utara tempatnya Manado memang kaya akan tempat wisata yang patut untuk di kunjungi, selain Bunaken yang sudah terkenal baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing, ada lagi tempat wisata lain yang juga tidak kalah menariknya. Salah satunya adalah Air Terjun Tunan, air terjun ini terletak di Desa Talawan, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara,Provinsi Sulawesi Utara.

Sumber Air Terjun Tunan berasal dari sungai diatas gunung yang mengalir cukup deras melewati tebing terjal dengan ketinggian tebing kurang lebih 86 Meter. Suasana hutan alam yang masih asli dan alami menambah keindahan sekitar objek Wisata Alam Air Terjun Tunan. Walaupun masih belum terlalu terkenal, namun jika musim libur tiba Air Terjun Tunan tetap dipenuhi oleh wisatawan. Suasana di sekitar air terjun ini masih sangat asri, sepanjang mata memandang yang terlihat pepohonan hijau yang begitu sejuk di mata.

Pemandangan itu semakin serasi dengan suara gemericik air terjun yang menyejukan hati. Membuat tempat wisata ini sangat cocok untuk kembali menyegarkan pikirin setelah berkutat dengan rutinitas sehari-hari. Di air terjun ini Anda pun bisa berenang di air kolam yang ada di bawah air terjun sambil menikmati segarnya percikan air terjun. Kedalaman kolam sekitar 1,5 meter dan di sekitar kolam terdapat banyak bebatuan yang licin. Jadi, Anda harus tetap waspada saat bermain air apalagi jika Anda membawa anak kecil.

Pengunjung yang masuk membayar karcis untuk biaya perawatan dan kebersihan lokasi air terjun ini, besaran tarif tergantung kendaraan. Untuk Mobil dikenakan tarif Rp. 10.000 dan Sepeda Motor Rp. 5.000 sedangkan biaya masuk perorang Rp. 2.500. Tempat wisata ini telah dikelola warga setempat dengan cukup baik, sebagai bukti adanya paving block dan saung cukup besar untuk beristirahat. Jika Anda lupa membawa bekal makanan dan minuman, tidak usah khawatir, karena di lokasi ini ada kantin yang menjual makanan dan minuman untuk wisatawan.

Ada beberapa hal yang harus Anda siapkan ketika akan mengunjungi Air Terjun Tunan, yang pertama Anda harus mambawa baju ganti, yang kedua siapkan juga uang tunai dengan jumlah cukup karena lokasi air terjun jauh dari ATM. Untuk mencapai Air Terjun Tunan di Desa Talawaan, memerlukan waktu sekitar kurang lebih 1 jam dari pusat kota Manado, sedangkan jika dari Desa Talawaan, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 15 menit melewati perkebunan kelapa dan buah-buahan di sepanjang perjalanan. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati hutan kecil alami sepanjang 400 meter hingga tiba di lokasi Air Terjun Tunan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sulawesi-utara/air-terjun-tunan-air-terjun-alami-sulawesi-utara.html
Comments
Loading...