Air Terjun Tumimperas Tomohon Mempesona

0 79

Air Terjun Tumimperas

Air Terjun Tumimperas ini berada Kelurahan Pinaras, Kecamatan Tomohon Selatan. Lokasinya yang strategis, dan mudah dijangkau pasti akan membuat anda betah untuk berlama-lama di tempat tersebut. Jaraknya hanya sekitar 8 Km dari Pusat Kota Tomohon, dan dapat dijangkau hanya dalam waktu sekitar 15 menit lewat Woloan maupun Saronsong dengan kendaraan roda empat maupun dua.

Akses jalan yang memadai karena sudah di hot mix, dijamin tak akan membuat anda kesulitan. Apalagi air terjun Tumimperas, hanya berada di ujung kampung Pinaras dengan ketinggian mencapai 57 meter. Untuk menuju ke Air Terjun Tumimperas, anda akan merasakan tantangan dan petualangan tersendiri, sebab harus menuruni anak tangga dengan jarak sekitar 100 Meter. Saat tiba, anda bisa langsung menyaksikan pemandangan menakjubkan dari atas air terjun, melalui jembatan yang tepat berada di atasnya, serta merasakan kesejukan dan riuhnya air yang menderu.

Suasana yang masih sangat alami, dihiasi pepohonan rindang disekelilingnya, juga menambah indahnya suasana. Ketika lelah, anda juga dapat beristirhat di pondok-pondok sederhana yang dibangun dan berada di sekeliling lokasi air terjun. Sejak zaman dahulu, kira-kira sekitar tahun 1980-an, air terjun Tumimperas memang sudah sangat terkenal, karena banyak dijadikan lokasi pusat kegiatan untuk bersantai ria.

Julius Ering, mantan Hukum Tua Pinaras era 1984-1993 mengatakan Air Terjun Tumimperas pertama kali diresmikan sebagai lokasi wisata oleh Gubernur Sulut Mantik pada tahun 1984. “Di lokasi air terjun dahulu sering digelar berbagai lomba antar dusun atau desa, seperti menghias pondok dan tanaman hias, tempat ibadah padang atau retreat, bahkan latihan perang oleh TNI, dengan memanjat dan menuruni air terjun,” jelasnya kepada Tribun Manado, kemarin.

Bahkan, pada zaman itu menurut dia hampir setiap Minggu ada saja turis Mancanegara yang datang untuk melihat eksotisnya air terjun tersebut. “Hingga kini air terjun Tumimperas masih memiliki potensi untuk menarik kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Asalkan terus dikembangkan dan dibenahi fasilitas pendukungnya,”  ujarnya.

Ia mengungkapkan dizaman pemerintahannya, setiap Minggu dilaksanakan kerja bakti untuk memelihara lokasi wisata itu, agar tetap eksis, bahkan penanaman pohon secara berkesinambungan untuk melestarikan lingkunganm. “Bumi ini makin tua, menyebabkan sumber mata air makin berkurang. Makanya terus digalakkan penanaman pohon, untuk merangsang masyarakat ikut membangun,” tukasnya.

Source http://manado.tribunnews.com http://manado.tribunnews.com/2012/06/23/air-terjun-tumimperas-tomohon-mempesona
Comments
Loading...