Air Terjun Tumaung Wisata Alam di Kabupaten Hulu Sungai Tengah

0 97

Pegunungan Meratus memang kaya akan tempat yang indah. Satu lagi tempat indah yang beberapa hari yang lalu saya kunjungi, yaitu Air Terjun Tumaung. Terletak di wilayah teritori desa Datar Ajab kecamatan Hantakan kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan. Ada dua jalur yang dapat ditempuh, yang pertama melalui desa Hinas Kiri / Batu Kembar kecamatan Batang Alai Timur – HST.

 

Untuk menuju desa Hinas Kiri dapat ditempuh dengan roda dua dan roda empat sekitar 30-35 kilometer dari pusat kota Barabai. Selanjutnya dari Hinas Kiri dilanjutkan dengan trekking (jalan kaki) dengan waktu tempuh 2-3 jam tergantung fisik masing-masing, karena katanya medannya yang terus menanjak. Katanya lagi, medan ini bisa ditempuh dengan motor trail selama 1 jam. Alternatif kedua adalah melalui desa Datar Ajab kecamatan Hantakan – HST. Jalur yang akan saya tempuh dengan kawan-kawan. Berjarak total kurang lebih 27 kilometer dari pusat kota Barabai (dari Barabai ke Air Terjun ).

Lagi-lagi untuk mencapai keindahan di daerah sini tak mudah, kendaraan roda empat hanya bisa ditempuh sampai desa Arangani (sekitar 16 km dari kota Barabai), kemudian dari desa Arangani dilanjutkan ke desa Datar Ajab (Mangkiling) yang hanya bisa ditempuh dengan motor, itupun motor yang bukan matic karena jalan yang akan dilalui hanya berupa tanah saja, sesekali bertemu dengan jalan berbatu. Medan tanpa aspal ini sepanjang 8 kilometer dengan medan menanjak dan menurun, dan 3 kilometer berikutnya hanya bisa dilalui dengan trekking (jalan kaki).

Source http://fullsrg.blogspot.com http://fullsrg.blogspot.com/2015/05/air-terjun-tumaung.html
Comments
Loading...