Air Terjun Tujuh Panggung, Kab. Empat Lawang

0 2

Air Terjun Tujuh Panggung

Panorama keindahan alam Indonesia memang tak perlu ditanyakan kembali. Banyak potensi wisata daerah yang selama ini belum dilirik. Salah satunya adalah Air Terjun Tujuh Panggung yang terletak di Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.

Air terjun ini berada pada ketinggian 1200 meter Di Atas Permukaan Laut (DPL), tepatnya di Desa Tanjung Alam, Kec. Lintang Kanan, Kab. Empat Lawang. Nuansa segar alam pegunungan yang khas membuat Air Terjun Tujuh Panggung menjadi potensi wisata unggulan di provinsi Sumatera Selatan.

Kecantikan air terjun yang berada di antara deretan Bukit Barisan di kaki Gunung Dempo ini cukup menarik. Sebab, kompleks wisata ini terdiri dari tujuh tingkat yang memiliki keindahan dan keunikan yang berbeda-beda.

Untuk air terjun di tingkat pertama, Anda akan disuguhi enam deretan air mancur yang tingginya sekitar 2 meter. Airnya yang jernih dan dingin khas pegunungan sangat cocok bagi Anda yang ingin berendam. Sementara di tingkat ke dua, air terjunnya memiliki tinggi 5-14 meter. Sangat cocok bagi siapa saja yang ingin berfoto bersama orang-orang tercinta.

Bagaimana dengan panggung ke tujuh yang menjadi tingkat paling atas? Di sini terdapat dua sumber air yang mengucur langsung ke lubuk di bawahnya. Namun, hati-hati jika ingin menikmati pesona keindahan air terjunnya. Sebab di tingkat paling atas ini terdapat pusaran air yang cukup kuat.

Konon, selain tujuh tingkat air terjun tersebut, masih terdapat dua panggung air terjun lain yang dapat dinikmati. Namun, jalan ke sana cukup terjal dan kemiringan tebingnya mencapai 45 derajat.

Terlepas dari itu, Air Terjun Tujuh Panggung sangat cocok dijadikan tempat wisata. Selain pesona air terjunnya, nuansa alami yang liar pun memberikan pengalaman tersendiri bagi yang menyukai wisata alam. Lokasinya sendiri dapat dijangkau menggunakan mobil atau kereta api langsung dari Kota Palembang.

Jika menggunakan kereta api, Anda dapat menggunakan kelas ekonomi, bisnis maupun eksekutif tergantung jadwal keberangkatan. Stasiun Tebing Tinggi di Empat Lawang menjadi pintu masuk untuk menikmati wisata Air Terjun Tujuh Panggung ini.

Selanjutnya, dari Tebing Tinggi Anda dapat menyewa angkot untuk mencapai Desa Tanjung Alam. Waktu tempuhnya sendiri mencapai 2,5 jam. Dari desa tersebut, Anda kemudian akan berjalan kaki hingga sampai di air terjun. Jika tidak ingin berjalan, tersedia pula ojek yang siap mengantarkan separuh jalan.

Waktu tempuh yang agak lama tidak sepantasnya membuat Anda kecewa. Sebab semua itu akan terbayar dengan keindahan panorama Air Terjun Tujuh Panggung. Kesegaran alami dan pemandangan indah sepanjang perjalanan akan membuat Anda terkesan dan tidak bosan.

Nah, perlu alasan lain untuk tidak mengunjungi wisata di Empat Lawang ini? Ayo, segera nikmati petualangan dan pesona Air Terjun Tujuh Panggung!

Source http://pemkabempatlawang.tribunnews.com http://pemkabempatlawang.tribunnews.com/2015/03/11/pesona-memikat-air-terjun-tujuh-panggung
Comments
Loading...