Air Terjun Tri Muara Karang, Rejang Lebong

0 28

Air Terjun Tri Muara Karang

Air Terjun Tri Muara Karang ini berada di Desa Sindang Jati, Kecamatan Sindang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Di tempat ini setiap wisatawan akan mendapat hidangan pemandangan alam khas pegunungan yang sangat indah. Jejeran tanaman aren atau enau akan memberi sambutan pada wisatakan saat memasuki desa ini. Selain itu di sepanjang kiri dan kanan jalan desa, terhampar panorama kebun sayur yang penuh nuansa hijau. Desa Sindang Jati di Bengkulu ini tidak hanya menawarkan panorama alam pegunungan dan perkebunan saja.

 

Lebih dari itu, terdapat suatu destinasi wisata alam lain yang keindahannya juga sangat sempurna yaitu Air Terjun Tri Muara Karang. Lokasi persisnya ada di perbatasan antara Desa Sindang jati dan Desa Blitar Sebrang. Obyek wisata alam ini tidak secara resmi dikelola oleh pemerintah daerah namun oleh warga kedua desa tersebut. Mereka membentuk semacam kelompok sadar wisata yang selanjutnya dikasih nama Pokdarwis Tri Muara Karang. Selain mengelola Air Terjun Tri Muara Karang, beberapa air terjun di kawasan yang sama juga dikelola oleh kelompak sadar wisata ini.

Daya Tarik Air Terjun Tri Muara Karang

Untuk mendatangi Air Terjun Tri Muara Karang, memang butuh perjuangan yang agak berat dari traveler. Setelah tiba di Desa Sindang Jati dan memarkir kendaraan, traveler harus lebih lebih dulu jalan kaki menuruni suatu tebing yang sangat curam. Bahkan kondisi medan yang harus dilalui cenderung ekstrim dengan fasilitas pengaman yang masih sangat minim. Di sini hanya terdapat satu tali kabel sling saja yang dapat dipakai untuk pegangan tangan saat menuruni batu tebing. Kemudian setelah sampai di bawah, harus makin hati-hati sebab di kiri dan kanan jalan tidak ada pengamannya lagi.

Keindahan Air Terjun Tri Muara Karang

Tiba di bagian bawah air terjun, kelelahan dan perjuangan keras untuk sampai tujuan langsung menjadi sirna. Air Terjun Tri Muara Karang merupakan sebuah obyek wisata alam yang tidak saja ini namun juga mempunyai keistimewaan yang sangat berbeda. Air yang mengalir di air terjun ini tidak dingin, namun cenderung hangat. Mandi di kolamnya akan membuat rasa lelah pada tubuh jadi berganti menjadi rasa segar.

Jika ingin berendam di air yang lebih hangat lagi, dapat masuk ke kolam atau pemandian lain yang lokasinya berada di area yang sama dengan air terjun. Kenikmatan ini masih ditambah lagi dengan keberadaan satwa siamang yang terlihat lucu dan sering menampakan diri di kawasan wisata alam tersebut. Binatang ini tergolong jinak, tetapi wisatawan tetap harus berhati-hati saat mendekati atau sebaliknya didekati.

Source http://djofrontoneinnbengkulu.com http://djofrontoneinnbengkulu.com/air-terjun-sindang-kelingi-bengkulu-dengan-keindahan-alam-yang-masih-asli/
Comments
Loading...