Air Terjun Tretes Wisata Alam Tersembunyi di Pati

0 181

Air terjun Tretes

Air terjun Tretes merupakan salah satu wisata yang mempunyai dua air terjun yang terletak di Desa Gunungsari, Kec. Tlogowungu, Kab. Pati, Jawa Tengah. Warga sekitar lebih mengenal nama gabungan dari dua air terjun yang berdiam di desa tersebut dengan sebutan Air Terjun Santi. Air terjun Santi dibentuk dari dua air terjun yang terpisah dan memiliki ketinggian yang berbeda, yaitu Air Terjun Tretes dan Air Terjun Jenar.

Karakteristik Air Terjun Tretes 

Air terjun Tretes memiliki karakteristik air terjun yang kecil dengan debit air tidak terlalu besar dan dengan kedalaman terjunan air tidak terlalu dalam. Air terjun Tretes memiliki jarak tempuh dari pusat pemukiman yang tidak terlalu jauh, sehingga pada hari libur tempat ini dipenuhi oleh pengunjung dari daerah asli maupun dari daerah sekitar. Faktor belum terkenal dan kurangnya informasi yang tersebar membuat tempat yang indah ini belum optimal dinikmati oleh pengunjung luar daerah.

Air terjun Jenar memiliki karakteristik berbeda dengan saudaranya yang terletak dibawahnya. Air terjun Jenar memiliki debit air yang lebih besar dengan kedalaman terjunan air yang lebih dalam dari Air Terjun Tretes. Jarang tempuh sekitar 500 meter di atas air terjun Tretes.

Akses Menuju Air terjun Tretes

Dari desa Pangonan menuju lokasi air terjun harus berjalan kaki karena jalan setapak di perbukitan apalagi pada saat hujan harus berhati-hati karenan jalan ini menjadi licin. Jalan setapak di tepian bukit dan jurang di bawah menawarkan sensasi akan pemandangan yang indah. Untuk menuju lokasi air terjun juga melewati sebuah sungai berbatu dan sungai ini tidak ada jembatan jadi harus masuk sungai dan menginjak batu-batu sungai untuk menyeberang.

Air terjun Tretes terdapat di sebuah tebing batu bukit setinggi sekira 25 meter. Airnya jernih dan segar dan juga deras terutama di saat musim hujan. Air Terjun Tretes tampaknya belum di kelola dengan baik sehingga kalah tenar dengan air terjun Montel di gunung Muria.

Rute Menuju Air terjun Tretes

Rute dimulai dari kota Pati yang kemudian dilanjutkan ke arah jalur Pati-Tayu. Sesampai di kecamatan Trangkil, akan dimulai jalur utama menuju ke desa Gunungsari. Jalan utama tersebut tepatnya berada di depan Puskesmas Trangkil. Ikuti jalur utama tersebut sampai di desa Gunungsari. Desa tersebut adalah pemberhentian terakhir untuk ke air terjun Tretes. Kendaraan akan dititipkan di perumahan warga dengan membayar biaya parkir sekitar Rp2.000,- per kendaraan.

Source wisata pati
Comments
Loading...