Air Terjun Toroan Wisata Alam di Kota Sampang

0 136

Air Terjun Toroan

Air terjun Toroan  adalah satu–satunya air terjun yang berada di kota Madura. Air terjun setinggi 20 meter ini berlokasi berdampingan dengan sebuah pantai. Hal inilah yang menjadikan air terjun ini berbeda dengan air terjun pada umumnya. Selain itu, suasana di sekeliling Air Terjun Toroan juga masih sangat natural, dimana di sekitar lokasi tidak ada bangunan bangunan yang merusak kealamian nya. Hal itulah yang menjadikan air terjun  ini seakan memiliki “jiwa” yang masih hidup.

Air yang mengalir dari atas air terjun langsung menyatu dengan air laut yang berada di sebuah muara. Keunggulan dari tempat wisata ini adalah kesegaran air yang dimilikinya, yang dikelilingi dengan pepohonan yang sangat rindang. Aliran air yang dibawanya berasal dari sungai Payung yang berada di Kecamatan Timur Kota Sampang.

Keindahan Air Terjun Toroan

Tepat di lokasi air terjun terdapat batu – batuan yang unik dan pasir putih di sepanjang bibir pantai, perpaduan yang sangat menakjubkan. Di sore hari, selain dapat bermain main dengan air terjun, setiap pengunjung juga dapat menikmati sunset. Gemericik air, suara ombak, dan view matahari sore yang berwarna kemerah – merahan membuat setiap pengunjung yang datang betah untuk tetap duduk duduk di pantai seakan enggan untuk meninggalkan tempat tersebut.

Lokasi Air Terjun Toroan

Air terjun Toroan berlokasi tidak jauh dari kota Sampang, Madura. Tepatnya berada di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang. Jarak tempat wisata ini sekitar 105 km dari Kota Surabaya, dan 4 km dari pusat kota Sampang. Akses jalan menuju Air Terjun Toroan cukup mudah karena disana terdapat angkutan umum yang beroperasi menuju lokasi. Ada dua jalan alternatif yang dapat di tempuh ketika berangkat dari Surabaya. Alternatif pertama yaitu melewati jalan tol Suramadu yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura. Alternatif kedua yaitu menyeberang menggunakan Kapal Ferry melalui pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Rute Menuju Air Terjun Toroan

Rute dari Surabaya Ke Lokasi Air Terjun Toroan; Terminal Bungurasih (Surabaya) > Sampang > Kec. Ketapang > Air Terjun Toroan Tarif memasuki Tol; Kendaraan roda 2: Rp.3000, Kendaraan Roda 4: Rp.30.000, Tarif Penyeberangan Kapal Ferry; Mobil: Rp.50.000, PenumpangRp.7.000/oran Sesampainya di Desa Ketapang, setiap pengunjung harus berjalan kaki sejauh 50 meter menuju lokasi air terjun Toroan. Disini pengunjung harus sangat berhati hati mengingat jalan menuju ke lokasi agak sedikit curam.

Source https://www.tabloidwisata.com https://www.tabloidwisata.com/air-terjun-toroan-sampang-madura/
Comments
Loading...