Air Terjun Tiu Kelep, Wisata Alam di Lombok

0 5

Air terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep merupakan salah satu wisata alam yang berada di Lombok yang airnya mengalir membentuk satu aliran. Hembusan kabutnya memenuhi sekitar lembah dan keindahan airnya yang jatuh dari tebing bertingkat dan juga trek untuk mencapainya seperti menyusuri hutan dengan aliran sungai yang sejuk, melewati goa dan juga jembatan unik di atas tebing  akan membuat jiwa petualangan pasti tertantang. Ke dua air terjun ini lokasinya berdekatan dan paling populer karena berada di kehidupan liar hutan rimbun di bawah kaki Gunung Rinjani, keduanya menawarkan beberapa hal yang sangat mempesona ketika di kunjungi dengan cara soft trekking.

 

Lokasi Air terjun Tiu Kelep 

Air Terjun Tiu Kelep  Berlokasi di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Senaru juga merupakan trek pendakian menuju Gunung Rinjani, daerah ini merupakan kawasan subur di daerah ini terdapat persawahan yang hijau tersusun rapi dan indah dari puncak sampai kaki bukit. Untuk mencapai Senaru Anda bisa melalui: Jalur pesisir barat. Melalui kawasan pantai Senggigi melewati Bukit Malimbu sekitar 2 jam perjalanan, tapi jalur ini hanya di tempuh oleh wisatawan yang memilih menggunakan paket tour Lombok atau mereka yang hanya menggunakan jasa rental mobil karena di jalur ini  Anda akan dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa dan tidak terdapat akses angkutan umum. Jalur Lendang Bajur.  Melalui pasar Lendang Bajur di Gunung Sari  Anda bisa menggunakan angkutan dan melewati hutan Baun Pusuk sekitar 2.5 jam perjalanan langsung menuju Desa Senaru.

Harga Paket Wisata Air Terjun

Jumlah Peserta Harga/Orang
1-2 Orang Rp 890.000
3-4 Orang Rp 750.000
5-6 Orang Rp 675.000
7-8 Orang Rp 530.000
9-10 Orang Rp 470.000
11-12 Orang Rp 395.000

Rute Menuju ke Dan Tiu Kelep

Ada dua pilihan ketika Anda sampai di kawasan Senaru untuk dapat mencapai air terjun yaitu:  Melalui gerbang utama atau di sebut jalur biasa, disini Anda dapat memarkir kendaraan Anda dan membayar tiket masuk, kemudian Anda akan menuruni anak tangga sekitar 15-20 menit untuk mencapai Sendang Gile, sedangkan untuk mencapai Tiu Kelep dari air terjun pertama terdapat rute yang merupakan jalan setapak memasuki hutan dan menyusuri sungai.  Pilihan kedua adalah melalui jalur irigasi, jalur ini lebih banyak digunakan oleh para wisatwan karena lebih menantang.

Tidak terlalu menguras tenaga tanpa harus melewati anak tangga yang begitu banyak dan Anda akan lebih merasakan keindahan pemandangan dan nuansa berada di dalam hutan yang kami sebut sebagai soft trekking. Kami lebih menyarankan Anda menggunakan pilihan kedua ini, selain treknya yang tidak biasa disini juga Anda bisa memesan makan siang ketika Anda balik, dapat mengganti pakain, mandi dan juga solat. Penggunaan jasa guide lokal biasanya di temukan di counter penginapan-penginapan di sekitar Senaru yaitu sebelum pintu gerbang ke air terjun. Harga yang mereka tawarkan juga variatif  tergantung jumlah orang dalam sekali perjalanan, semua tergantung kepada Anda jika Anda ingin menggunakan jasa mereka atau tidak.

Source https://www.dilombok.com https://www.dilombok.com/tiu-kelep-dan-sendang-gile/118/
Comments
Loading...