Air Terjun Tirto Kemanten Wisata Alam di Banyuwangi

0 90

Air Terjun Tirto Kemanten

Air Terjun Tirto Kemanten merupakan salah satu destinasi wisata alam yang memiliki pemandangan alam yang memukau yang terletak di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Air TerjunTirto Kemanten sering disebut juga Air Terjun Wonorejo ini terletak di lereng Gunung Raung dengan pemandangan alam disekitarnya berupa tanaman kopi dan coklat. Sekitar 60 Km dari kota kabupaten Banyuwangi menuju arah selatan, menyusuri jalan perkebunan kopi dan coklat yang merupakan peninggalan masa kolonial Belanda, tersembunyi satu kecantikan alam yaitu air terjun Tirto Kemanten ini.

Air Terjun ini terdiri dari dua air terjun yang tingginya mencapai 10 meter dan posisinya berdekatan hanya dipisahkan oleh batu besar. Oleh penduduk setempat Air Terjun ini dinamakan Tirto Kemanten yang berarti air pengantin, karena air terjun ini merupakan air terjun kembar atau terdapat dua aliran yang letaknya bersebelahan mirip pengantin yang bersanding.

Air Terjun Tirto Kemanten ini memiliki keindahan tiada duanya di tempat Air Terjun Tirto Kemanten ini juga memliki fasilitas bagi anda yang hanya ingin bersantai sambil mengagumi air terjun kembar yang memiliki ketinggian sekitar 10 m tersebut, bisa duduk dan berteduh di bawah bangunan joglo tanpa dinding yang berada di pinggir tanggul, letaknya persis berhadapan dengan air terjun.

Fasilitas yang terdapat di objek wisata Air Terjun Tirto Kemanten adalah tempat parkir yang dapat memuat kendaraan roda dua dan roda empat. Sedangkan untuk Akomodasi, disekitar kawasan objek wisata Air TerjunTirto Kemanten terdapat Margo Utomo Resort/Cottage yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk menginap.

Source http://www.eastjava.com http://www.eastjava.com/tourism/banyuwangi/ina/tirto_kemanten.html
Comments
Loading...