Air Terjun Timbulun, Pesona Wisata Painan

0 127

Air Terjun Timbulun Painan

Air Terjun Timbulun Painan atau ada yang menyebutnya Air Terjun Pincuran Tujuh Tingkat ini memiliki keindahan tersendiri, dimana air terjunnya yang terdiri dari 7 tingkatan memiliki bentuk air terjun dan kolam yang berbeda-beda. Pada air terjun tingkat pertama, akan dijumpai sebuah kolam yang agak besar dan bagus untuk anda yang ingin mandi.  Di kolam ini makin ke tengah semakin dalam. Pada tingkat kedua air terjunnya sedikit melandai dan bergemuruh diantara bebatuan.

   

Pepohonan serta tanaman tumbuh dengan lebatnya di sini dan dedaunan yang rindng berperan memberikan kesan hijau. Tak hanya hijaunya pepohonan, air di kolamnya terwarnai dengan nuansa hijau. Ditambah lagi lumut-lumut didasar kolam yang memberikan kesan alam yang khas. Warna hijau yang mendominasi ini memang layak berada di Timbulun. Warna yang identik dengan kesegaran dan kealamian ini sangatlah menggambarkan apa yang bisa diperoleh di sini.

Di lubuk ini jarang digunakan untuk mandi dikarenakan  letaknya yang agak jauh dan untuk mencapai tempat ini harus menyeberangi aliran air terjun yang cukup deras.  Selain itu disekitar air terjun terdapat hutan masih cukup lebat dan rimbun. Walau Air terjun Timbulun tingkat ketiga ini termasuk jarang di kunjungi orang tetapi air terjun ini memiliki pesona tersendiri dibandingkan dengan air terjun  tingkat pertama atau kedua, karena di tempat ini sering tercipta pelangi yang indah.

Air terjun Timbulun masih mempunyai tingkatan lain di atasnya yang relatif sulit dijangkau. Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini tak perlu susah payah untuk dapat pergi ke Air Terjun Timbulun. Letaknya sekitar 4 km dari pusat kota. Anda akan menemukan gerbang Objek Wisata Air Terjun Timbulun sesaat sebelum memasuki daerah perumnas di Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai painan timur, Gerbang yang beratap gonjong khas Rumah Gadang Minang.

Dari gerbang ini, tinggal ikuti jalan beraspal sekitar 1,5 km hingga akhirnya ada belokan setelah jalan menurun. Ambil arah ke kanan keluar dari jalan beraspal menuju jalan beton yang pendek. Jalan ini hanya sampai pada undakan tangga yang kemudian berlanjut dengan jalan setapak. Memasuki daerah jalanan setapak ini, pemandangan mulai berubah. Aliran sungai tampak di sebelah kiri dan alam mulai membentang dengan pepohonan nan rindang dan hijau. Ikuti saja jalur setapak satu-satunya ini yang akan mengantarkan hingga ke tujuan utama, Air Terjun Timbulun.

Source https://tourdesumbar.wordpress.com https://tourdesumbar.wordpress.com/2015/09/28/air-terjun-timbulun/
Comments
Loading...