Air Terjun Tibumana di Bangli, Bali

0 97

Air Terjun Tibumana

Air Terjun Tibumana adalah destinasi wisata air terjun kembar yang terdapat 2 aliran air yang berdampingan. Namun ketika air sungai di atasnya kecil, hanya ada satu aliran besar yang turun menjadi air terjun. Di bawah air terjun terdapat kolam air yang tidak terlalu dalam sehingga sangat nyaman jika digunakan untuk berenang ataupun berendam. Pengelola juga sudah menyiapkan ban yang bisa digunakan sebagai pelampung.

  

Objek wisata Air Terjun Tibumana ini lokasinya tidak seberapa luas, namun karena keindahannya yang tersembunyi menjadi seperti milik sendiri. Spot di sini sangat bagus untuk difoto. Berlatar belakang air terjun ataupun berdiri di atas batang pohon yang tumbang, menjadikan foto yang Anda ambil menjadi semakin indah.

Disarankan jika ingin merasakan sensasi private dan seperti surga milik sendiri, jangan datang ketika musim liburan tiba. Karena bisa dipastikan tempat ini ramai oleh pengunjung yang datang. Jangan lupa membawa makanan dan minuman, karena tidak terdapat penjual makanan. Dan tetaplah untuk selalu menjaga kebersihan lokasi wisata.

Lokasi Air Terjun Tibumana

Air Terjun Tibumana terletak di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali. Karena lokasinya berada di pedesaan sehingga suasana alam yang asri dan alami sangat terasa. Suasana yang tenang dan damai inilah yang menjadikan Air Terjun Tibumana sangat tepat untuk dikunjungi sebagai penghilang penat.

Rute Menuju Air Terjun Tibumana

Untuk menuju lokasi wisata, Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Namun jika ingin sampai lebih cepat dan menghindari kemacetan Kota Denpasar, disarankan menggunakan sepeda motor. Jika dari Kuta, memerlukan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan atau jika dari Denpasar ditempuh dalam 60 menit perjalanan. Sesampai di Desa Apuan, pengunjung tak langsung bisa menemukan posisi Air Terjun Tibumana. Karena di ujung jalan hanya terdapat sebuah pura. Ternyata halaman pura inilah yang dijadikan sebagai tempat parkir kendaraan. Jalan masuk menuju lokasi terletak di samping pura.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tibumana

Sebelum menyusuri jalan setapak menuju lokasi air terjun, pengunjung terlebih dahulu melewati pos loket masuk untuk membayar tiket masuk. Harga yang dikenakan pun cukup murah yakni 5 ribu rupiah saja. Setelah membayar tiket masuk, perjalanan mengasyikkan dimulai. Penyusuran melalui jalanan setapak ini sungguh sangat menyenangkan. Di sekeliling jalan banyak ditumbuhi tanaman pakis dan lumut.

Jalan yang dilalui juga sudah disemen rapi. Jalan berundak-undak ini berakhir di sebuah jembatan yang terbuat dari kayu. Kesan alami sangatlah terasa, begitu menentramkan khas suasana pedesaan. Setelah melewati 2 jembatan dan sebuah belokan kecil, sampailah di lokasi Air Terjun Tibumana. Seketika hawa dingin dan sejuk kian menyerbu karena percikan air terjun. Sungguh mempesona keindahan alam yang ditampilkan, membuat betah untuk berlama-lama bermain air.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/pesona-air-terjun-tibumana-air-terjun-kembar-bali-00995.html
Comments
Loading...