Air Terjun Tibu Ijo Lombok

0 40

Air Terjun Tibu Ijo Lombok merupakan salah satu wisata alam sejak kemunculan foto-fotonya di internet, lokasi wisata yang masih alami ini semakin terkenal dan semakin banyak pula wisatawan yang berkunjung. Tapi tenang saja, karena tempat wisata ini masih terjaga kealmian dan keasriannya. Airnya segar dan cocok untuk berenang. Jika tidak, mungkin Anda tetap bisa berfoto dan menikmati keindahan alam air terjun ini yang dikelilingi pepohonan rindang dan perbukitan.

Dalam Bahasa Sasak, Tibu artinya kurang lebih adalah penutup/penghambat aliran air. Mungkin yang dimaksud penghambat aliar air di sini adalah air yang menggenang atau kolam. Memang di sini terdapat kolam-kolam bersusun yang terbentuk alami. Bahkan kolam besarnya tidak memiliki dasar, sehingga berwarna hijau. Maka dari itu, air terjun ini disebut Air Terjun Tibu Ijo Lombok yang berarti kolam berwarna hijau.

Anda dapat berenang di kolam yang airnya segar tersebut. Jika Anda punya nyali, Anda dapat melompat dari bebatuan ke kolam yang tidak memiliki dasar tersebut. Jelas sensasinya akan luar biasa. Adrenalin Anda akan naik berkali-kali lipat dan Anda akan berkeinginan untuk terus mengulanginya lagi, dan lagi. Memang aktivitas menantang seperti ini yang menjadi daya tarik tersendiri di air terjun ini, tentunya selain keindahan alamnya yang masih terjaga. Setelah puas melompat dan berenang, Anda dapat beristirahat di tepi kolam sambil menikmati keindahan alamnya.

Di sini Anda dapat menikmati keindahan perbukitan dan kebun aren. Jika Anda beruntung, sedang ada panen, Anda bisa melihat aktivitas warga yang sedang memanen pohon aren untuk dijadikan gula aren. Selain dimanfaatkan untuk dijadikan gula aren, di sini juga terdapat aktivitas yang disebut dengan panen “Tuak Manis” atau minuman yang terbuat dari pohon aren. Minuman “Tuak Manis” ini enak loh, segar dan dapat menambah tenaga. Selain itu baik juga untuk kesehatan tubuh karena kealamiannya. Anda juga dapat menjadikan dua hasil dari perkebunan aren ini sebagai buah tangan, karena warga biasanya menjajakannya di sepanjang jalan.

Jika berwisata ke air terjun ini jangan lupa untuk membawa sarung atau kain, karena tidak terdapat kamar mandi atau tempat berganti pakaian. Memang tidak ada fasilitas penunjang di sini, karena memang tempat wisata ini masih baru dan belum mendapat sentuhan tangan pemerintah. Anda juga harus membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena belum ada warung di dekat lokasi air terjun. Sedangkan untuk tempat parkir kendaraannya, Anda bisa menitipkan di salah satu rumah warga di kaki bukit.

Lokasi dan Rute

Lokasi Tibu Ijo berada di Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Dari Kota Mataram, lokasi wisata ini dapat ditempuh dengan jarak kira-kira 13 kilometer, dan memakan waktu sekitar 20 menit saja. Jalur yang harus Anda lalui pun tidak terlalu sulit karena dilintasi jalur provinsi Lombok Barat. Lebih baik Anda juga bertanya pada warga sekitar, agar tidak tersesat.

Segera kemasi barang Anda, dan kunjungi Air Terun Tibu Ijo Lombok. Buktikan keberanianmu dengan melompat dari batu ke kolam. Nikmati legitnya gula aren dan rasakan kesegaran Tuak Manis yang dihasilkan perkebunan aren di dekat lokasi air terjun. Ajak pula sahabat, teman, keluarga atau pacar. Ikut jaga lingkungan dengan tidak meninggalkan sampah di lokasi, ya.

Source https://www.amazinglombok. https://www.amazinglombok.travel/pacu-adrenalinmu-dengan-terjun-di-air-terjun-tibu-ijo-lombok.html
Comments
Loading...