Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi, di Langkat

0 27

Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi

Air Terjun Teroh-teroh dan kolam abadi merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Langkat, Sumatera Utara. Objek wisata Air Terjun teroh teroh sudah booming semenjak tahun lalu apalagi sudah pernah diliput Trans TV dalam acara My Trip My Adventure. Waaaww, apa gak makin rame aja tuh Objek Wisata. Rute yang dilalui yaitu dari Medan – Binjai – Namu Ukur – Desa Rumah Galuh.
 
Langsung saja, petualangan pun dimulai, melalui jalan setapak dan menuruni perbukitan, perlahan tapi pasti  sampai di bibir sungai. Sebenarnya Kolam Abadi dan Air Terjun Teroh-teroh itu satu aliran sungai. Sungainya yang jernih nan indah membuat semua orang merasa ketagihan untuk kesini. Sang Ranger kecil pun menyarankan untuk ke Air terjun Teroh-teroh terlebih dahulu sebelum ke Kolam abadi. Untuk menuju ke Air terjun teroh-teroh ada dua pilihan, mau jalan kaki mengikuti jalan setapak di sisi bukit, atau melalui sungai dengan cara Body Rafting.

Untuk keseruan pastinya memilih untuk body Rafting dengan kata lain, menghanyutkan diri mengikuti arus sungai dan cukup aman karena menggunakan pelampung. Air yang begitu jernih, biru muda gitu, bisa keliatan dasar sungainya lohhh,,, plus dingin juga. Pada sisi tertentu, ada bagian sungai yang dalam, sehingga kalian bisa melompat bebas dari atas tebing ke sungai ini.  Body Rafting memang menyenangkan, tapi tetap harus hati-hati jangan sampe terjadi dengan yang saya alami,, lagi enak hanyut, ehh gak tahu kalau arus didepan cukup deras, dan posisi sudah salah, dimana kepala di depan kaki dibelakang.

Ya sudahh, pasrah, terjebak dalam arus, dimana saya harus tenggelam dan terjepit diantara batu besar dan terdorong kuat karena arus yang deras. Syukur kepala ini tidak terbentur tuh batu-batu besar. Hanya luka memar dan gores karena gesekan batu tadi. Sekitar 45 menitan berada di aliran sungai yang begitu eksotis, dan terlihat air-air terjun kecil mengalir dari celah-celah tebing, sampailah di depan Air Terjun Teroh-teroh. Air terjun yang tidak begitu tinggi namun memiliki keindahan tersendiri. Air Terjun Teroh-teroh sendiri berasal dari bahasa Karo yang berarti Air Terjun Bawah-Bawah. Kenapa diberi nama itu? Karena memang Air Terjun ini dibawah lembah atau tebing-tebing yang unik dan indah.
Awalnya berfikir beneran sebuah kolam, tapi nyatanya tidak. Kolam Abadi ini sebenarnya adalah aliran sungai yang sama saat ke Air Terjun Teroh-teroh. Hanya saja posisinya alirannya yang tidak deras, kayaknya sebuah kolam, ini lah yang menjadi dasar disebut kolam abadi. Airnya begitu jernih dan tembus hingga kedasar sungainya. Pokoknya mandi disini segar deh, seru bareng teman-teman kalian. Selain Air terjun Teroh-teroh dan Kolam Abadi, ada lagi Air terjun yang terdekat dari sini, yaitu Air Terjun Tongkat namanya. Kita harus trekking naik turun bukit sekitar 1 jam-an lagi.
Source https://www.medanwisata.com https://www.medanwisata.com/2015/06/air-terjun-teroh-teroh-dan-kolam-abadi.html
Comments
Loading...