Air Terjun Tenilo, Surga Tersembunyi di Kab. Boalemo

0 47

Air Terjun Tenilo

Air Terjun yang berada di Desa Tenilo Kecamatan Tilamuta yang merupakan destinasi wisata di Kabupaten Boalemo kondisinya semakin kritis. Ini disebabkan adanya perluasan areal perkebunan oleh masyarakat. Keberadaan air terjun ini tidak terkelola dengan baik, bahkan kondisinya semakin memprihatinkan. Meski demikian masih ada warga yang mengujungi air terjun tersebut, tepatnya kurang lebih 200 meter dari pemukiman penduduk di Desa Tenilo.

Memang dulu air terjun ini masih bagus, karena masih kurang aktifitas perluasan perkebunan oleh masyarakat,”kata Dewi salah seorang warga setempat. Namun, seiring berjalannya waktu kondisi air terjun semakin tidak bagus. Dengan adanya aktifitas pertanian bahkan penebangan pohon maka cadangan air semakin berkurang, sehingga debit air yang berada di kawasan air terjun semakin sedikit. Tentu ini butuh sentuhan pemerintah untuk memelihara bahkan melestarikan hutan yang berada disekitar air terjun untuk merawatnya.

Sementara Kades Tenilo Raflin Biya beberapa waktu lalu mengatakan bahwa Desa Tenilo memang cukup strategis dalam pengambangan sektor pariwisata, sebab di Desa tersbeut ada dermaga dan ditujang dengan air terjun. “Untuk trasportasi bisa melalui darat dan laut, hanya saja perlu dibenahi kembali infrastruktur yang ada di Desa ini, termasuk kondisi air terjun yang saat ini sudah kiritis. Kalau Desa Tenilo bisa diperhatian dengan baik dari sektor pariwisata, bukan tidak mungkin Desa ini menjadi salah satu icon pariwisata di daerah ini, apalagi setiap tahunnya di Desa ini menjadi pusat ritual tarian tradisional Gorontalo (Dayango,red) sehingga bisa terintegrasi dengan SDAnya,” bebernya.

Source http://hargo.co.id http://hargo.co.id/berita/air-terjun-tenilo-makin-kritis.html
Comments
Loading...