Air Terjun Tembalang : Keindahan Dibalik Hutan Tropis Kalimantan

0 75

Air Terjun Tembalang

Kabupaten Berau, bagi sebagian besar kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara mungkin sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata baharinya yang mampu memanjakan mata sebut saja pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, Kakaban,  dan masih banyak lagi.

Namun siapa yang menyangka, bahwa kabupaten yang terletak di kalimantan timur ini masih menyimpan pesona  wisata alam yang tidak kalah menarik dengan wisata baharinya, dan kali ini gue akan kasih sedikit informasi tentang salah satu destinasi wisata yang perlu untuk kamu ketahui bahkan  perlu tuh  untuk di jadikan agenda tujuan kamu berlibur.

 

Air terjun Tembalang  terletak di Kampung Tepian Buah, Kecamatan Segah ini bisa dikatakan merupakan destinasi wisata yang dibanggakan masyarakat setempat. lokasi yang berada dibalik rimbunya hutan tropis khas Kalimantan. Menambah keindahan sekaligus keasrian alam yang masih terjaga, serta kebersihan air terjun nya masih terawat dengan baik.

Inilah potret dari pemandangan air terjun Temabalang. Tembalang  sendiri  diambil dari nama sumber aliran airnya yang berasal dari sungai Tembalang,untuk mencapai air terjun ini  dapat dilalui melalui dua akses yaitu jalur darat dan air, namun biasanya para pengunjung lebih memilih menggunakan jalur air karena lebih menghemat waktu yaitu 20 menit.

Untuk sampai kelokasi air terjun dari kampung Tepian buah ketimbang menggunakan  jalur darat yang masih cukup sulit untuk diakses dengan memakan waktu berjam-jam lamanya,  dalam hal ini akses darat yang dilalui berada dalam kawasan hutan KBK (Kawasan Budidaya Kehutanan) sehingga harus memperoleh izin dari kementrian kehutanan, dan untuk  HPH (Hak Pengelolaan Hutan) tersebut dikelola oleh PT Inhutani I.

Namun saat ini Pemkab Berau telah bekerja sama dengan Pemerintah Desa Tepian Buah dan  PT Inhutani I serta melibatkan Forclime FC, salah satu lembaga LSM dibawah naungan Kementrian Kehutanan untuk membangun tracking atau jalur pejalan kaki yang akan memudahkan wisatawan menjangkau air terjun yang ada di Kampung Tepian Buah tersebut.

Source http://bennieka11.blogspot.com http://bennieka11.blogspot.com/2017/11/kabupaten-berau-bagi-sebagian-besar.html
Comments
Loading...