Air Terjun Telago Jando, Wisata Alam Bungo

0 29

Air Terjun Telago Jando

Air Terjun Telago Jando merupakan air terjun unik dengan tujuh tingkatan dengan keindahan serta daya tarik tersendiri. Terlindungi hutan belantara, sehingga air terjun ini sangat terjaga kelestariannya. Tempat wisata ini juga tak pernah sepi pengunjung baik dari dalam kabupaten maupun luar kabupaten. Keindahan yang alami, serta asri menjadikan air terjun ini destinasi pas untuk berlibur di akhir pekan. Air Terjun Telago Jando terletak pada Desa Buat, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

Bagi wisatawan yang hendak berlibur di air terjun ini, maka harus menempuh jarak tak kurang dari 60 kilometer dari Kota Muaro Bungo. Setidaknya perjalanan akan memakan waktu sekitar satu jam dengan kendaraan bermotor. Disarankan wisatawan yang ingin berkunjung ke Air Terjun Telago Jando menggunakan motor saja. Karena jalan menuju air terjun yang cukup ekstrim, belum lagi jika becek usai diguyur hujan.

  

Keindahan Air Terjun Telago Jando

Air Terjun Telago Jando memiliki tujuh tingkatan dengan karakteristik serta keindahan yang berbeda. Pada tingkatan tertentu, terdapat kolam alami dengan lebar dan kedalaman yang bervariasi. Disekitar air terjun, wisatawan juga akan menemukan banyak batu-batu besar yang bisa digunakan duduk santai sambil menikmati pemandangan alam yang tersaji.

Jernih dan segarnya air akan terasa disaat kaki menapaki aliran air terjun. Untuk menikmati pemandangan yang lebih menawan, wisatawan bisa menaiki tingkatan demi tingkatan di Air Terjun Telago Jando. Seperti pada tingkatan kedua dan ketiga, wisatawan bisa mandi dan berenang sepuasnya serta merasakan segarnya air yang ada di air terjun ini.

Tebing-tebing batu besar disekitar aliran air juga menjadi pelengkap keindahan Air Terjun Telago Jando. Tak hanya itu, tebing batu ini juga bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berjalan menaiki tingkatan-tingkatan air terjun. Terdapat pula akar dan batang kayu, yang bisa digunakan sebagai pegangan agar tidak terpeleset.

Fasilitas di Air Terjun Telago Jando

Untungnya, wisatawan tak perlu takut merasa lapar karena disekitar Air Terjun Telago Jando dapat ditemukan beberapa pedagang yang menjajakan air mineral, mie rebus, kopi, teh dan aneka makanan ringan. Apabila hendak bermalam, wisatawan harus menuju ke Kota Muara Bungo untuk menemukan hotel. Di Kota Muara Bungo terdapat beberapa hotel mulai dari bintang dua yang bisa dipilih untuk bermalam. Berkunjung ke Air Terjun Telago Jando dapat memberikan pengalaman menarik, berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ketika berada di air terjun.

Daya Tarik Air Terjun Telago Jando

Bagi yang memiliki hobi fotografi, serta gemar mencari pemandangan alam untuk dipotret, Air Terjun Telago Jando juga bisa menjadi alternatif yang menarik. Meskipun diperlukan usaha ekstra untuk menuju lokasi air terjun, rasanya setara dengan banyaknya objek indah yang ditawarkan. Kamu bisa memotret air terjun bertingkat tujuh serta keindahan alam sekitar. Jika ingin mendapatkan spot yang lebih menarik, kamu juga bisa menuju ke tingkat paling atas air terjun serta memotret dari atas.

Berselfie, atau sekedar mengabadikan momen bersama teman dan keluarga pun bisa kamu lakukan di air terjun ini. Berbagai background menarik bisa kamu temukan, dan pastinya akan memberikan hasil foto yang cukup berkesan. Air terjun ini akan lebih menarik, jika dipotret dengan drone.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Air-Terjun-Telago-Jando
Comments
Loading...