Air Terjun Tangkum, Keindahan Alam Yang Tersimpan di Desa Panaan

0 126

Air Terjun Tangkum

Kabupaten Tabalong ternyata menyimpan banyak potensi wisata alam yang luar biasa. Ada yang sudah terkelola dengan baik, ada pula yang masih alami, belum terjamah banyak manusia.  Salah satunya, seperti Air Terjun Tangkum di Desa Panaan Kecamatan Bintang Ara, yang menyimpan keindahan alam yang masih asri dan alami.

Semakin padat dan ramai ativitas di daerah perkotaan, tak jarang membuat orang memilih tempat yang alami dan nyaman untuk menghabiskan akhir pekan. Pilihan alternatifnya adalah wisata alam yang masih terjaga keasriannya. Siapa sangka, sekitar 1 kilometer dari pemukiman di Desa Panaan Kecamatan Bintang Ara, terdapat air terjun yang masih terjaga kealamiannya, yaitu Air Terjun Tangkum. Untuk menuju tempat itu, kita harus berjalan melewati kebun karet dan hutan bambu.

 

Air terjun Tangkum di Desa Panaan Kecamatan Bintang Ara Ini, belum banyak diketahui masyarakat sebagai tujuan wisata. Sehingga suasana di tempat ini masih terjaga alami dan asri. Tempat ini, jelas layak dijadikan sebagai tempat pelarian, dari penatnya aktivitas sehari-hari.

Di area air terjun, kita akan disuguhi panorama alam hutan rimba asli Kalimantan. Air terjun Tangkum 1, memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Sayangnya ketika kami sampai disana, kondisi air terjun dalam keadaan surut. Tidah hanya sampai disini, ternyata Air Terjun Tangkum memiliki dua spot lokasi air terjun lainnya. Nah untuk menuju air terjun tangkum 2, kami harus menyusuri sungai yang dihimpit dinding batu yang membentang tinggi. Suasana alami hutan panaan, dan aliran sungai yang cukup tenang, menambah eksotisme tempat yang satu ini.

Perjalanan menuju tangkum 2 dan 3 cukup menantang, karena kami harus mendaki bukit untuk sampai menuju lokasi tersebut. Namun lelah dan penat akan terbayarkan ketika sampai di Air Terjun Tangkum 2 dan 3. Meski tidak terlalu tinggi, namun di lokasi Air Terjun Tangkum dua ini terdapat kolam air cukup dalam dan jernih. Sehingga sangat nyaman digunakan untuk merendamkan diri, terlebih kondisi air yang segar dan didukung suana alam yang masih asri.

Berlokasi tidak jauh dari tangkum dua, air terjun tangkum tiga memiliki ketinggian 10 meter lebih. Lokasi air terjun yang berada dipinggiran sungai, menambah keindahannya. Keindahan suasana alam disini, dipercantik dengan cahaya matahari, yang menembus sela-sela pepohonan rindang. Air Terjun Tangkum merupakan satu dari kecantikan alam Kabupaten Tabalong, berupa air terjun dengan bebatuan eksotis di sekelilingnya. Lokasi ini masih sangat alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Source https://tvtabalong.com https://tvtabalong.com/air-terjun-tangkum-keindahan-alam-yang-tersimpan-di-desa-panaan/
Comments
Loading...