Air Terjun Tande, Wisata Alam di Lingga

0 9

Air Terjun Tande

Air Terjun Tande merupakan salah satu air terjun yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Kepulauan Riau. Air terjun ini terletak di lereng gunung Tanda yang letaknya bersebelahan dengan gunung Daik. Air terjun Tande ini berjarak kurang lebih sekitar 5 km dari pusat kota Daik, yang merupakan ibukota Kabupaten Lingga. Hingga kini air terjun ini menjadi sumber air bagi warga Daik. Air terjun Tande menyimpan keindahan alam yang sangat indah. Terdiri dari beberapa tingkatan yang membuat air terjun tampak memukau. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, Anda akan disuguhkan dengan suasana hutan yang masih alami.

Terdapat berbagai macam flora dan fauna yang dapat Anda temui di sepanjang perjalanan, seperti misalnya hutan plot karbon, kayu kapur, keruwing, paku tanduk rusa, dan masih banyak lagi. Anda juga akan melewati aliran sungai yang sangat jernih sehingga lelah Anda akan teralihkan dengan suara gemericik air sungai. Selain melewati indahnya panorama alam, Anda juga akan disuguhkan oleh bangunan-bangunan bersejarah yang terdapat di hutan gunung Tanda. Anda akan melewati gapura komplek Istana Damnah. Disana, Anda dapat melihat replica istana Damnah, aset sejarah kesultanan Lingga, bilik 44, serta museum Linggam cahaya.

Jika Anda merasa kelelahan saat di tengah perjalanan, Anda dapat beristirahat di rumah pohon yang terdapat di tepi sungai. Aliran sungai yang sangat jernih dengan pesona bebatuan alam yang menambah kealamian alam, membuat lelah Anda seketika sirna. Sesampainya di Air Terjun Tande, Anda dapat merasakan sensasi kesegaran air terjun dengan bermain-main air di pinggiran air terjun. Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun dengan duduk bersantai di tepi air terjun, atau Anda juga bisa berenang di kolam yang terdapat di bawah air terjun. Suara aliran air yang jatuh dari ketinggian dengan dibarengi nuansa hutan yang sangat alami, serta pepohonan yang rindang, membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Fasilitas di Air Terjun Tande

Di bawah air terjun, telah tersedia kolam yang di dalamnya berisi air jernih. Kolam tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mandi menikmati kesegaran air terjun yang masih alami. Selain itu, tersedia juga rumah pohon yang terdapat di tepi aliran sungat, yang dapat dimanfaatkan untuk beristirahat bbagi para pengunjung jika mengalami kelelahan.

Daya Tarik di Air Terjun Tande

Air Terjun Tande ini  menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona sehingga cocok untuk dijadikan sebagai spot foto, terlebih bagi Anda yang gemar berfoto. Sebelum sampai di air terjun, Anda dapat berfoto pada saat berada di perjalanan menuju ke air terjun. Jalan untuk menuju air terjun ini pun juga menawarkan pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Sehingga Anda dapat berfoto di antara pepohonan yang rindang. Sesampainya di air terjun, Anda dapat berfoto di atas bebatun yang ada di sekitarnya atau di bagian lain yang tak kalah menarik untuk dijadikan spot foto.

Akses menuju Air Terjun Tande

Untuk bisa sampai di Air Terjun Tande, Anda harus menempuh perjalanan dari tanjung pinang menuju kabupaten Lingga dengan menggunakan kapal ferry. Perjalanan selanjutnya yaitu ditempuh dengan jalur darat, bisa dengan menggunakan mobil ataupun motor. Biasanya di sekitar pelabuhan terdapat ojek yang menawarkan jasa untuk mengantarkan Anda hingga tempat tujuan. Sesampainya di pintu masuk, Anda masih harus berjalan kaki melewati jalan setapak kurang lebih sekitar 1,5 jam untuk bisa sampai di ait terjun.

Jam Buka dan Harga Tiket Air Terjun Tande

Air Terjun Tande ini bisa diakses kapan saja oleh pengunjung. Namun akses jalan yang mengharuskan pengunjung melewati hutan belantara, sangat dianjurkan untuk mengunjungi air terjun Tande ini pada pagi hari hingga sore. Sampai saat ini, belum ada rincian harga tiket yang harus dibayarkan untuk masuk ke wisata air terjun tande ini.

Tips Berwisata ke Air Terjun Tande

Jika Anda ingin berkunjung ke Air Terjun tande, sebaiknya Anda harus mempersiapkan segala perlengkapan yang Anda butuhkan. Membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk berjalan kaki agar bisa sampai di pusat air terjun, jadi sebaiknya Anda membawa bekal minuman agar tidak dehidrasi saat di perjalanan. Pastikan bawa tubuh Anda dalam keadaan sehat, sehingga Anda dapat menempuh perjalanan dengan lancar. Jangan lupa untuk membawa kamera karena air terjun Tande mempunyai panorama yang indah sehingga Anda akan menemukan spot yang bagus untuk mengambil gambar.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Air-Terjun-Tande
Comments
Loading...