Air Terjun Taman Mataru, Wisata Alam di Alor NTT

0 23

Air Terjun Taman Mataru merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Dusun I Legiman, Desa Taman Mataru, Kecamatan Mataru – Kabupaten Alor.  Air terjun ini sedang dalam tahap pengembangan untuk menjadi destinasi wisata andalan di Kabupaten Alor selain Obyek Wisata Taman Bawah Laut, Wisata Budaya, Wisata Pantai dan Pegunungan.

  

Air Terjun Taman Mataru dalam bahasa setempat disebut dengan nama Beintal. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, lokasi air tejun ini dulunya merupakan pusat penyimpanan benda-benda pusaka pada masa perang dahulu. Kini Air Terjun Taman Mataru yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di kawasan Indonesia Timur ini sudah terkenal di seluru pelosok Nusantara, bahkan Internasional.

Di kawasan Air Terjun Taman Mataru, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai kawasan ini. Di luar faktor-faktor tersebut, sumberdaya alam dan lingkungan alam yang masih asli dan terjaga di kawasan ini merupakan salah satu faktor penting yang bisa menjadikan Desa Taman Mataru sebagai kawasan Desa Wisata.

Kami berharap Perintah Kabupaten Alor segera membaca peluang ini untuk menjadikan Desa Taman Mataru sebagai Desa Wisata unggulan di Kabupaten Alor, dengan menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang Desa Taman Mataru sebagai kawasan tujuan wisata.

Berbagai fasilitas yang diperlukan untuk menunjang Desa Taman Mataru menjadi Desa Wisata antara lain adalah: Sarana Transportasi, Telekomunikasi, Kesehatan, dan Akomodasi. Khusus untuk sarana akomodasi, Pemerintah dan masyarakat di Desa Taman Mataru siap menyediakan sarana penginapan berupa pondok-pondok wisata yang akan dibangun dengan arsitektur bangunan tradisional agar pengunjung dapat merasakan suasana pedesaan yang masih asli.

Desa Taman Mataru juga merupakan suatu kawasan pedesaan yang menawarkan keseluruhan suasana yang mencerminkan keaslian pedesaan baik dari kehidupan sosial ekonomi, sosial budaya, dan adat istiadat, dengan struktur tata ruang khas pedesaan yang menarik serta mempunyai potensi untuk dikembangkannya berbagai komponen kepariwisataan.

Source https://welemalor.blogspot.com https://welemalor.blogspot.com/2016/02/air-terjun-taman-mataru-alor-indonesia.html
Comments
Loading...