Warning: unlink(/tmp/5914058945c6f253f68cbf38062a4c44-x27B59.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Air Terjun Tama’lulua dari Bukit Bossolo di Jeneponto

0 66

Air Terjun Tama’lulua dari Bukit Bossolo

Akhir-akhir ini Indonesia memang sedang mengampanyekan “Pesona Indonesia”, dan sosial media mulai banyak menampilkan pesona wisata indonesia yang masih tersembunyi. Begitu pun halnya dengan Sulawesi Selatan, wilayah yang memiliki beragam wisata alam ini masih memiliki surga-surga tersembunyi yang sayang untuk dilewatkan.

   

Air Terjun Tama’lulua Bossolo. Wisata alam yang masih terbilang baru dan jarang dikunjungi ini mulai hits sejak akhir tahun 2015 sebab banyaknya foto-foto keindahannya tersebar di berbagai akun media sosial. Air Terjun Bossolo menyuguhkan panorama alam berupa bukit dan ladang persawahan yang dilengkapi dengan sejuknya aliran air terjun. Suasana damai ini bisa membuatmu relaks sejenak dari bisingnya ibu kota.

Di sini kamu akan mendapatkan dua spot sekaligus untuk menikmati keindahan Air Terjun ini, yaitu Bukit Bossolo dan Air Terjun  Tama’lulua. Pesona Air Terjun Tama’lulua akan semakin indah jika kamu lihat dari atas Bukit Bossolo. Perpaduan gradasi hijaunya perbukitan dan air terjun pastinya sangatlah memanjakan mata. Jangan ketinggalan untuk menikmati sunset dari atas Bukit Bossolo ini. Pesonanya sungguh eksotis.

Setelah puas mengabadikan momen di atas Bukit Bossolo, kamu bisa basah-basahan di Air Terjun. Daerah Jeneponto memanglah sebuah wilayah yang kering dan tandus, namun dengan kehadiran Air Terjun Bossolo pantasnya kesan itu bisa dihapuskan. Kabupaten yang memiliki habitat kuda terbesar di Sulawesi Selatan ini pun mampu menawarkan panorama alam yang menghampar hijau dan eksotis.

Cara Menuju Air Terjun Tama’lulua Bossolo

Air terjun Bossolo terletak di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia. Lokasinya sekitar 25 km dari kota Jeneponto. Dari Kota Makassar kamu akan melalui Kabupaten Gowa-Takalar-Jeneponto. Tiba di Jeneponto kamu harus menuju Kecamatan Rumbia. Untuk tiba di Air Terjun Bossolo ini kamu harus trekking sekitar 1 jam lamanya dari parkiran.

Meski jalurnya tidak begitu ekstrim, kamu tetap harus mempersiapkan fisik dan perbekalan. Kamu tidak perlu khawatir, sebab segala lelah atas perjuanganmu trekking selama satu jam akan terbayar ketika kamu tiba di tempat ini. Tidak ada biaya masuk untuk masuk ke Wisata Air Terjun Tama’lulua Bossolo ini.

Kurangnya perhatian Pemerintah Kabupaten Jeneponto, menjadikan tempat wisata ini masih dikelola oleh warga setempat. Kepala desa dan masyarakat lah yang gotong royong membangun fasilitas di kawasan ini bahkan sampai rela mengikhlaskan sebagian kebunnya untuk dijadikan akses jalan.

Selain itu, gazebo, toilet dan tempat beristirahat pengunjung pun sudah tersedia di tempat ini. Sehingga untuk keberlangsungan fasilitas disini, warga setempat menerapkat tiket masuk. Biaya karcis hanya Rp 2 ribu bagi pengendara roda dua dan Rp 5 ribu untuk yang membawa roda empat.

Source http://kesiniaja.com http://kesiniaja.com/wisata-indonesia/inilah-eksotisme-air-terjun-tamalulua-dari-bukit-bossolo-di-jeneponto/
Comments
Loading...