Air Terjun Talang Kemulun Jambi

0 37

Air Terjun Talang Kemulun

Kabupaten Kerinci merupakan salah satu daerah dataran tinggi yang terdapat di provinsi yang memiliki banyak potensi dan kekayaan alam yang indah yang tersebar luas di berbagai pelosok daerah yang ada di Kabupaten Kerinci, salah satunya Air Terjun Talang Kemulun yang berada di Desa Talang Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Air Terjun Talang Kemulun adalah salah satu wisata air terjun yang  berundak 12, dengan airnya bening, dan menyejukkan. Air Terjun Talang Kemulun sepertinya merupakan surga tersembunyi di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), sebab meskipun berjarak hanya beberapa kilometer dari pusat Kota Sungai Penuh, ternyata tidak banyak orang yang mengetahui keberadaannya.

  

Untuk sampai ke air terjun ini, Anda harus berjalan kaki satu jam dari Desa Kemulun, melewati perkebunan kopi, sayur, kulit manis dan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat. Sepanjang perjalanan, Anda akan dihibur dengan banyak suara kicauan burung, siamang kera hitam berlengan panjang dan banyak satwa lain, yang saling bersahutan, mengiringi perjalanan.

Jalan menanjak, dan hadangan pohon besar yang tumbang, membuat perjalanan semakin menantang. Tantangan lain datang ketika Anda juga harus melewati sungai dan jalan berbatu yang licin. Dari bawah, terlihat air dengan bebasnya turjun dari ketinggian melewati bebatuan bertingkat, suaranya yang riuh, serta hawa dingin yang seakan mengantarkan Anda pada ketenangan dan melupakan semua rasa lelah.

Jarak air terjun di tingkat empat, lebih tinggi dibanding tingkat dua dan tiga. Di setiap tingkat Anda akan merasakan sensasi yang berbeda, begitu juga tanaman yang tak sama akan terlihat. Jika ingin sensasi yang lebih, Anda bisa terjun ke kolam dangkal di bawah air terjun, di sana Anda bebas bermain air sepuasnya. Anda pun bisa membuat tenda di sekitar air terjun, untuk menikmati suasana malam. Letaknya yang ada di tengah taman nasional, membuat akses menuju air terjun cukup sulit, karena hanya bisa dijangkau dengan jalan kaki. Hal ini pula yang membuat kondisi Air Terjun Talang Kemulun tetap asri.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jambi/air-terjun-talang-kemulun-jambi-tempat-wisata-alami-dan-tersembunyi.html
Comments
Loading...