Air Terjun Talaga Pange : Destinasi Wisata Alami Kota Ambon Maluku

0 11

Air Terjun Talaga Pange

Pulau Ambon menyimpan berbagai keindahan yang tidak ada habisnya. Ada lagi nih Air Terjun Telaga Pange yang wisatawan mesti tahu. Pulau Ambon selama ini terkenal memiliki destinasi wisata pantai nan indah, seperti Pantai Liang, Natsepa dan pantai lainya di Pulau Ambon, yang biasanya dikunjungi warga di akhir pekan. Ternyata selain destinasi pantai, ada air terjun eksotis yang tidak kalah cantik.

Air Terjun Talaga Pange berada pada tebing bebatuan. Air Terjun Talaga Pange manawarkan keindahan air terjun yang masih alami. Ini karena lokasinya berada di tengah hutan belantara hijau nan asri Dari pusat kota Ambon, traveler harus menuju Dusun Taeno, Kecamatan Teluk Ambon, membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Dari Dusun Taeno petualangan dimulai. Wisatawan berjalan kaki terlebih dahulu selama kurang lebih satu jam dengan rute naik turun bukti serta menyusuri aliran sungai.

Perjalanan tidak akan terasa bosan dan jenuh karena traveler akan disuguhkan pemandangan pepohonan yang asri dan bebatuan yang berada di tepi sungai. Bukan mata yang hanya dimanjakan dengan keindahan alam, gemercik suara air dan sesekali terdengar serta merdunya suara burung akan menemani trekking menuju Air Terjun Talaga Pange.

Medan trekking berupa tanjakan curam dan masih didominasi oleh tanah, traveler perlu berhati-hati jika sedang musim hujan karena sangat licin. Perlu diperhatikan juga jika mengunjungi Air Terjun Talaga Pange pastikan menggunakan alas kaki yang sesuai untuk trekking. Selama perjalanan traveler tidak akan menjumpai warga sekitar, lantaran menuju air terjun berada di tengah-tengah hutan.

Bila kelelahan saat naik turun tanjakan yang curam, beristirahatlah di tepi sungai yang memiliki air yang jernih dan terasa dingin. Wisata alam ini tidak cocok dengan anak-anak lantaran medan yang berat. “Selama perjalanan tidak akan merasa lelah karena melihat hutan asri, rimbun, bersih. Cuma ada beberapa jalur yang terjal harus hati-hati. Kalau buat anak-anak dan lanjut usia kayaknya tidak terlalu rekomendasi karena separuh area terjal dan licin,” ujar salah satu traveler, Iam Samal.

Ian menjelaskan, mungkin terasa lelah tapi rasa itu terbayarkan ketika sampai di sana. Begitu tiba di traveler bisa langsung beramai ramai loncat dan mandi di air terjun. “Memang lelah, tapi saat melihat air terjun dan melihat kolam air langsung loncat beramai ramai berenang di dalam kolam air yang jernih,” ujarnya. Air Terjun Talaga Pange setinggi 40 meter ini dijamin bikin kamu takjub dan tidak ingin cepat-cepat meninggalkan hutan Dusun Taeno. Dengan adanya wisata air terjun di semakin menegaskan Ambon memiliki pesona alam yang tidak ada habisnya.

Source https://travel.detik.com https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4237343/air-terjun-cantik-di-tengah-hutan-ambon
Comments
Loading...