Air Terjun Sungai Medang, Kerinci Jambi

0 17

Air Terjun Sungai Medang

Air Terjun Sungai Medang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Sungai Medang, Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Jika datang dari Sungai Penuh, maka wisatawan setidaknya akan menempuh jarak sekitar 10 kilometer yang dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 20 menit hingga 30 menit.

  

Tetapi setelah tiba di Desa Sungai Medang, pengunjung harus rela berjalan kaki untuk menuju lokasi air terjun. Lokasi dari air terjun memang terletak pada perbukitan Sungai Medang, dan wisatawan harus melewati jalan setapak menembus semak dan rimbunnya pepohonan. Medan pun cukup mudah untuk dilalui, serta selama perjalanan wisatawan akan disambut dengan kicuan burung yang saling bersahutan.

Keindahan Air Terjun Sungai Medang

Air Terjun Sungai Medang merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Kerinci. Tak hanya wisatawan sekitar saja, namun banyak pula pengunjung yang berasal dari luar kota. Keindahan alam yang masih lestari, berpadu dengan air terjun unik menjadi daya tarik tersendiri sehingga mampu menarik minat pengunjung.

Setelah tiba dilokasi, wisatawan akan disambut dengan tingkatan pertama dari air terjun yang tingginya sekitar 5 meter. Disini wisatawan bisa beristirahat sejenak sambil menikmati gemericik air yang jatuh mengenai bebatuan. Bermain air atau mandi dibawah air terjun pun bisa dilakukan, karena tak begitu tinggi debit air pun cukup bersahabat bagi wisatawan.

Usai puas menikmati tingkatan pertama air terjun, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan untuk menuju tingkatan air terjun ke dua dan ketiga. Untuk menuju ke tingkat tiga, dibutuhkan sedikit perjuangan karena wisatawan harus menyebrangi sungai yang menjadi aliran dari air terjun.

Pada tingkat ke tiga ini, air terjun pun nampak semakin indah dengan tinggi sekitar 18 meter. Deru air yang jatuh pun lebih deras jika dibandingkan dengan tingkatan pertama dan kedua. Setelah tingkat ke tiga, Air Terjun Sungai Medang masih memiliki belasan tingkatan yang diperkirakan berjumlah 14. Wisatawan bisa saja menuju ke tingkat 4, 5 dan 6 serta menikmati panorama alam sekitar yang cukup memukau.

Fasilitas Air Terjun Sungai Medang

Karena lokasi dari Air Terjun Sungai Medang terletak pada perbukitan, menjadikan fasilitas pada tempat wisata ini sangatlah minim. Masih belum tersedia fasilitas seperti toilet, tempat parkir dan juga mushola didekat lokasi air terjun. Namun biasanya pengunjung menitipkan kendaraannya pada rumah warga setempat.

Jika wisatawan berencana menginap, pada Sungai Medang terdapat hotel yang bisa disewa untuk bermalam. Berwisata di Air Terjun Sungai Medang dapat menjadi pilihan tepat dikala akhir pekan tiba, berikut beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan saat berkunjung ke air terjun.

Daya Tarik Air Terjun Sungai Medang

Memotret pun menjadi kegiatan yang wajib kamu lakukan bila tiba di air terjun ini. Kamu bisa memotret keindahan air terjun, beserta alam sekitarnya yang masih terjaga dan lestari. Jika masih belum puas, kamu bisa mencari spot-spot lain untuk memotret. Apabila kamu memiliki drone, kamu pun bisa membawanya untuk memotret air terjun dari udara.

Rasanya tak lengkap jika kamu tak mengabadikan momen berlibur, dengan berfoto selfie. Kamu bisa berfoto selfie dengan menggunakan air terjun sebagai background. Aneka batuan dengan berbagai ukuran pun bisa kamu manfaatkan. Tetaplah berhati-hati saat berfoto, karena batuan licin bisa saja membuatmu terpeleset dan merusak kamera atau handphone mu.

Setelah merasakan dingin dan segarnya air yang ada pada air terjun, kamu bisa merelaksasikan diri menuju sumber air panas di Sungai Medang. Tak jauh dari air terjun memang terdapat sumber air panas, lengkap dengan kolam yang telah disediakan. Cukup membayar Rp. 4.000 saja, kamu sudah bisa memanjakan tubuh dengan air panas.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Air-Terjun-Sungai-Medang
Comments
Loading...