Air Terjun Suban Pesona Dua Aliran Air di Bengkulu

0 22

Air Terjun Suban

Air Terjun Suban merupakan salah satu destinasi wisata alam yang memiliki keindahan alam yang memukau Air Terjun Suban ini berada di Desa Penantian, Kecamatan Pasemah Air Keruh, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Kelebihan objek wisata ini sangatlah banyak, itu dikarenakan objek wisata ini menawarkan berbagai keunikan di dalamnya. Obyek wisata ini masih terus dikembangkan dan ditata dengan baik sehingga mampu menarik wisatawan mancanegara.

Air Terjun Suban memiliki 2 buah air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda. Karena berada di kawasan Suban Air Panas, air terjun pertama berada di dekat pintu masuk sedangkan air terjun yang kedua berada di dalam pemandian Suban Air Panas yang bisa menyegarkan tubuh anda.

Air terjun pertama memiliki ketinggian 50 meter, sedangkan air terjun kedua memiliki ketinggian 15 meter. Namun, air terjun yang paling ramai atau sering dikunjungi wisatawan yaitu air terjun dengan ketinggian 15 meter yang berada di dalam pemandian Suban Air Panas, dimana air terjun ini digunakan untuk mengisi kolam pemandian yang berada di bawahnya.

Suasana sejuk langsung terasa begitu berada di bawah pancuran Air Terjun Suban. Sungai yang menjadi aliran air terjun tersebut tidak terlalu dalam. Hanya setinggi lutut orang dewasa. Sungai yang menjadi aliran air terjun ini masih cukup bersih dan jernih. Kesegaran aliran air cukup terjaga sehingga banyak pengunjung yang berlama-lama di bawah air terjun hanya untuk sekedar ber-selfie ria dan berfoto bersama keluarga. Air terjun ini dikelilingi oleh tanaman khas hutan hujan tropis di bukitnya dan dilengkapi sedikit bebatuan di aliran sungai air terjun tersebut.

Banyak retribusi yang akan dipungut dari pengunjung. Begitu masuk kawasan wisata Anda akan diminta Rp. 5.000 untuk satu kendaraan roda empat. Pos selanjutnya akan diminta uang parkir sebesar Rp. 3.000 per kendaraan (tidak ditentukan untuk berapa lama waktu parkir). Masuk ke objek wisata Suban Air Panas melalui satu-satunya gerbang masuk-keluar ke objek wisata sebesar Rp. 10.000 (untuk dewasa) dan Rp. 5.000 (anak-anak) per pengunjung. Dan untuk mencapai air terjun, Anda akan diminta retribusi sebesar Rp. 3.000 (dewasa dan anak-anak) per pengunjung. Jika perut mulai lapar, maka anda tidak perlu khawatir karena di dalam lokasi pemandian juga terdapat kantin yang menjual aneka makanan.

Jika anda ingin menuju objek wisata ini, maka anda bisa berangkat dari ibukota Kabupaten Curup dengan menempuh perjalanan sejauh 6 km atau 15 menit waktu tempuh perjalanan. Namun, untuk anda yang berangkat dari kota Bengkulu maka anda harus menempuh jarak kurang lebih 90 Km atau kurang lebih 2 jam waktu perjalanannya. Anda bisa menuju lokasi Air Terjun Subanmenggunakan kendaraan roda 2 ataupun roda empat karena memang lokasinya berada di tepi jalan raya Curup- Lubuk Linggau dan Desa Kepala Curup. Di dalam objek wisata Air Terjun Suban, terdapat parkiran yang cukup luas sehingga memudahkan anda untuk memarkir kendaraan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/bengkulu/air-terjun-suban-pesona-dua-aliran-air-di-bengkulu.html
Comments
Loading...