Air Terjun Slampir Wisata Alam di Madiun

0 197

Air Terjun Slampir

Air Terjun Slampir merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di wilayah perkebunan kopi, tepatnya di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Propinsi Jawa Timur. Air Terjun Seweru atau Serondo atau Kedung Tengah Malam, itulah nama lain dari Air Terjun Slampir. Air terjun ini berada di lereng Gunung Wilis bersama ketinggian 400 m di atas permukaan air laut. Air terjun Slampir mempunyai dua buah falsafah air terjun yang letaknya saling berhadapan satu sama lain.

Rute Air Terjun Slampir

Berjarak lebih kurang 25 kilometer atau kurang lebih 40 menit berkendara dari pusat Kota Madiun. Buat mencapai lokasinya, butuh sedikit kerja keras. Keadaan jalanan di Desa Kare tidak sedikit yang belum beraspal & penuh dgn tanjakan curam. Mobil pribadi maupun angkutan umum yang lain jarang kelihatan melewati daerah ini. Cuma sepeda atau sepeda motor yang mampu bersama leluasa lewat jalanan berbatu-batunya.

Dari pusat kota Madiun, sebaiknya mengendarai sepeda motor, bersama membawa jalan ke arah Dungus – Wungu – setelah itu menuju Kare – Seweru (Slampir). Sedangkan seandainya dari kota Ponorogo tidak butuh melintasi pusat kota Madiun. Demikian melintasi perempatan dulu lintas Tek’an (pintu masuk menuju pusat kota Madiun), serta-merta membawa rute segera ke Manisrejo – selanjutnya Dungus – Wungu – Kare – Seweru (Slampir).

Sesampainya di Desa Kare kendaraan yang dipindah mesti dititipkan pada masyarakat setempat dikarenakan jalan menuju tempat air terjun tak mampu dilalui kendaraan. Seterusnya perjalanan diteruskan dengan jalan kaki lewat jalan setapak menuruni daerah perbukitan sejauh 1 kilo meter sampai ruangan air terjun tersebut berada. Keadaan jalan setapak ini sempit, agak licin, sedikit curam, & tidak sedikit yang tak berpengaman maka bersentuhan serentak dengan tebing perbukitan. Belum ada penarikan tiket masuk pembangunan di pintu masuk.

Cuma ditarik anggaran parkir segede Rupiah 1000 per kendaraan. Tak adanya tips arah yang terang disekitar jalan utk memandu perjalaann hingga ke tempat maka menyulitkan menuju ke sana. Pula disekitar ruang ini belum ada penginapan ataupun hunian makan yang pantas disinggahi. Cuma ada arung makan yang ada di sekitar air terjun dapat namun tak buka tiap-tiap hari, kecuali warung mungil di pintu penting sebelum masuk ke jalan setapak menuju area air terjun yang pun sediakan area parkiran bagi kendaraan visitor.

Source http://epictio.com http://epictio.com/tempat/air-terjun-slampir/
Comments
Loading...