Air terjun Sipagogo, Surga Tersembunyi di Kabupaten Pasaman Barat

0 116

Air terjun Sipagogo

Air terjun memang sangat banyak kita jumpai di daerah manapun, salah satunya air terjun yang ada di Propinsi Seumatera Barat sangat banyak kita jumpai air terjun. Bahkan air terjun yang ada di Sumatera Barat menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan di antaranya yaitu Air Terjun Sipagogo. Air terjun ini sekarang telah menjadi populer karena media sosial.

 

Air Terjun Sipagogo yang terletak di Kabupaten Pesisir selatan, Jorong Situak di Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang sangatlah indah dan segar di pandang mata. Apalagi sekalian mandi di air terjun ini akan menjadikan pikiran segar dan ketenangan. Keadaan airnya yang masih bersih dan masih terjaga menjadikan air terjun ini menjadi sangat terkenal.

Tempat wisata Air Terjun Sipagogo di kenal karena ada salah seorang pengunjung mengunggah foto lokasi air Terjun Sipagogo yang sangat indah dan sangat menarik untuk di kunjungi. Dari situlah air terjun Sipagogo ini sangat menjadi terkenal dan banyak menarik wisatawan yang ingin mengunjunginya. Berikut ini penjelasan tentang Objek Wisata Air Terjun Sipagogo.

Keindahan Air Terjun Sipagogo

Tempat Wisata Air Terjun Sipagogo mempunyai potensi yang sangat baik untuk di jadikan tempat wisata. Masyarakat setempat biasanya menyebut air terjun Sipagogo dengan sebutan Sampuran Situak Lotok Sipagogo dan air terjun ini sangatlah unik. Pada awalnya air terjun Sipagogo di temukan oleh masyarakat setempat yang ingin mencari rotan. Setelah di dalam hutan mereka menemukan air terjun ini, dan tempatnya sangat unik dan indah sangat luar biasa dan sangat berpotensi untuk di jadikan tempat wisata.

Air terjun Siapagogo mempunyai keunikan tersendiri, uniknya air tejun ini mempunya 4 tingkat, setiap tingkat mempunyai ketinggian sekitar 2 samapai 4 meter. Dan di bawah air terjun ini juga terdapat kolam yang sangat luar biasa indahnya dengan air yang jernih dan kebiruan menambah indahnya air terjun Sipagogo ini. Karena itu air terjun ini menjadi ramai di perbincangkan di sosial media belakangan ini.

Pemandangan air terjun ini sangat luar biasa, di sini kita bisa berfoto baik di dalam airnya yang jernih maupun dari atas tebingnya sungguh luar biasa indahnya, bagi yang ingin berfoto di atas tebing air terjun ini agar hati-hati karena tebingnya agak licin. Berfoto di tempat ini akan menjadikan momen yang sangat berharga dan tidak bisa di lupakan. Masyarakat setempat memberi nama air terjun ini dengan nama Air Terjun Sipagogo di karenakan pada dahulunya ada seorang warga yang bernama Sipagogo, sipagogo memiliki kesaktian tersendiri dan dia sering melakun bertapa di air terjun ini.

Lokasi  Air terjun Sipagogo

Air terjun Sipagogo ini terletak di Jorong Situak, Kenagarian Ujung Gading, Kecamatan Lembah Malintang dan berada di Kabupaten Pasaman Barat di Propinsi Sumatera Barat. Jarak dari Pasaman Barat sekitar 60 Km. Kita juga bisa menggunakan roda dua atau roda empat menuju lokasi parkir air terjun, selanjutnya kita akan berjalan sejauh2 km melalui hutan yang sejuk dan masih alami.

Setelah kita di posko, maka kita memulai untuk melakukan perjalanan yang jauh yang mana lokasinya bernama hutan Situak Lotok. Perjalanan yang akan di lalui memang sangat menantang dan melelahkan, akan tetapi itu tidak masalah, karena di dalam perjalanan kita akan di manjakan oleh pemandangan hutan yang masih alami dengan udara yang sangat sejuk.

Di dalam perjalanan kita akan menemukan sebuah tanjakan, yang mana tanjakan tersebut adalah sebuah tantangan dalam perjalanan menuju lokasi Air Terjun Sipagogo. Tidak lama kemuduan kita akan mendengar gemercikan air terjun tersebut, tandanya kita sudah dekat dengan air terjun.

Setelah kita sampai maka semua rasa lelah di dalam perjalanan tidak akan kita rasakan lagi, karena melihat air terjun Sipagogo yang sangat luar biasa indahnya, ada 4 tingkat air terjun dan sebuah kolam yang mana airnya yang jernih dan kebiruan akan membuat perasaan semakin tenang. Kita juga dapat berenang dan bersenang-senang di tempat ini dengan teman atau keluarga.

Tips Berwisata ke Air Terjun Sipagogo 

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat memang sangat menyenangkan dan lupa waktu. Apalagi mandi di air terjun yang airnya sangat sejuk dan jernih, tak terasa waktu cepat berlalu. Untuk itu ada beberapa tips sebelum kita berkunjung ke lokasi Air Terjun Sipagogo ini, berikut tipsnya

  • Karena lokasi air terjun Sipagogo ini jauh di dalam hutan dan kita harus melakukan dengan berjalan kaki, maka siapkan lah mental dan fisik yang kuat dan stamina yang prima.
  • Jika melakukan perjalanan yang jauh maka pergunakanlah sepatu kusus dalam melakan perjalanan yang jauh, karena jika dalam keadaan hujan maka jalan akan semakin licin dan sangat menantang.
  • Sebelum melakukan perjalanan ke lokasi air terjun Sipagogo maka persiapkanlah makanan atau perlengkapan lainnya, karena di dalam lokasi air terjun di dalam hutan dan tidak ada warung yang menyediakan makanan.
  • Dalam melakuakan perjalanan jangan buang sampah sembarangan, jagalah kebersihan agar kebersihan hutan tetap terjaga.
Source https://www.wisatatrend.com https://www.wisatatrend.com/air-terjun-sipagogo-pasaman-barat/
Comments
Loading...