Air Terjun Singsing di Buleleng, Bali

0 28

Air Terjun Singsing

Air Terjun Singsing merupakan salah satu wisata alam yang berada di Banjar Labuhan Haji, Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Tempat wisata yang satu ini mungkin memang tidak terkenal. Tapi, suasana di sana mampu menghadirkan pesona yang membuat perasaan menjadi lebih nyaman. Perjalanan menuju lokasi air terjun memang membutuhkan sedikit perjuangan. Namun itu adalah konsekuensi yang harus Anda ambil jika ingin menikmati keindahan alam yang ditawarkan di sana. Kata singsing dalam nama air terjun ini bukan berasal dari Bahasa Inggris yang berarti nyanyi. Karena masyarakat setempat pun tak mengetahui asal muasal dari nama air terjun tersebut. Meski demikian Air Terjun Singsing merupakan salah satu destinasi favorit pilihan wisatawan.

 

Air Terjun Singsing terdiri atas dua tingkatan. Kedua air terjun ini sebenarnya tidak terlalu tinggi. Hanya sekitar 12 meter. Jarak dari air terjun pertama ke air terjun kedua sekitar 100 meter. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, kita harus melewati jalan setapak sekitar 600 meter. Perjalanan akan menjadi lebih mudah dan ringan karna Anda akan ditemani oleh pemandangan perkebunan penduduk yang menyajikan kesan yang damai.

Setelah tiba di lokasi air terjun, kita akan disambut oleh gemericik air yang mengalir. Suara-suara burung liar yang ada di sekitar sana juga turut membuat suasana di sekitar air terjun menjadi sangat natural dan mendamaikan. Wisata ini merupakan tempat atau objek yang menarik untuk dikunjungi karena terletak di wilayah perbukitan Buleleng. Karena ketinggian lokasi air terrjun ini, Anda bisa menyaksikan hamparan pantai utara Bali. Hal ini juga menjadi daya tarik yang cukup membuat para pengunjung terkesan.

Tidak jauh dari lokasi Air Terjun Singsing terdapat sebuah monumen untuk memperingati kematian seorang perwira Belanda yang tewas dalam perang melawan rakyat Bali di era penjajahan. Sebagai obyek wisata, fasilitas untuk tempat parkir sudah disediakan diamana pengelolanya adalah warga banjar setempat. Selain itu, beberapa warung kecil yang menyediakan anekan makanan dan minuman akan mudah Anda temui di sekitar areal parkir.

Wisatawan semakin ramai kala musim kemarau dimana volume air terjun menurun. Dari Kota Singaraja, Air Terjun Singsing bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua sejak masuk Desa Tigawarsa. Dari desa tersebut lokasi air terjun berjarak 600 meter. Sedang untuk sampai ke air terjun kedua, Anda harus melalui jalur yang cukup terjal dibandingkan lokasi air terjun yang pertama.

Sementara jarak antara air terjun yang pertama dengan yang kedua sekitar 100 meter dan untuk mencapainya harus melewati tebing. Setelah itu anda harus melewati tangga berbatu dan terjal yang berada di sebrang sungai. Sementara di tengah kolam Air Terjun Singsing yang kedua terdapat batu besar yang membuat aliran air terjun seolah menjadi dua. Berkunjung ke Air Terjun Singsing tidak hanya menikmati wisata alam, namun Anda juga bisa merenungi cerita sejarah kepahlawanan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/bali/air-terjun-sing-sing-air-terjun-indah-di-buleleng-bali.html
Comments
Loading...