Air Terjun Singo Kromo Wisata Alam di Nganjuk

0 164

Air Terjun Singo Kromo

Air Terjun Singo Kromo merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Peta dan Koordinat GPS: 7° 46′ 9.61″ S  111° 45′ 56.89″ E . Nama Singo Kromo sendiri berasal dari kata singo berarti “singa atau harimau” dan kromo yang berarti “kawin”. Konon katanya dahulu tempat ini merupakan tempat berkumpul dan kawinnya harimau di lereng Gunung Wilis.

Rute Air Terjun Singo Kromo

Air Terjun Singo Kromo berjarak sekitar 2,5 km ke arah selatan dari Kota Nganjuk atau sekitar 2 km di selatan Agro Wisata Ganter. Jalan masuk ke Air Terjun Singo Kromo ini terletak di dekat pertigaan yang jalannya menanjak 500 m dari loket masuk ke Air Terjun Sedudo. Kondisi jalan menuju ke Air Terjun Singo Kromo sebagian belum diaspal, bahkan di beberapa bagian masih merupakan jalan setapak. Untuk sampai ke Air Terjun Singo Kromo hanya dapat dicapai dengan kendaraan roda dua dan diperlukan sedikit ekstra tenaga karena kondisi medan yang masih alami. Bagi yang membawa kendaraan roda empat hanya bisa sampai di tempat parkiran.

Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak lebih kurang 500 meter atau 15 menit hingga tiba dilokasi air terjun berada. Namun apabila tidak ingin berjalan kaki, Anda juga bisa menggunakan jasa ojek yang banyak di temui di parkiran atau di depan jalan tanah setapak menuju ke air terjun. Biaya ojek ke Air Terjun Singo Kromo sekitar Rp.10.000. Air Terjun Singo Kromo memiliki ketinggian hanya sekitar 20 meter dengan debit air yang cukup besar. Kondisi Air Terjun Singo Kromo masih betul-betul alami. Air terjun ini terletak tidak jauh dari Air Terjun Sedudo lebih tepatnya di bawahnya, jaraknya lebih dekat dari pintu masuk loket obyek wisata.

Source http://www.maringetrip.com http://www.maringetrip.com/2015/11/air-terjun-baru-nganjuk-singokromo.html
Comments
Loading...