Air Terjun Singkai Mukomuko, Bengkulu

0 56

Air Terjun Singkai Mukomuko

Air Terjun Singkai Mukomuko merupakan destinasi wisata alam yang memiliki pesona keindahan luar biasa tetapi belum banyak yang bisa menikmati keindahan objek wisata satu ini. Yang berada di Desa Lubuk Selandak,Teramang Jaya, Muko-muko. Banyak alasan kenapa air terjun itu masih sepi pengunjung. Diantarannya jarak dari pemukiman dengan lokasi cukup jauh serta akses jalan yang masih jauh dari kata elok.

Dari simpang SP 1 Penarik masuk ke arah SP 2 bisa menggunakan kendaraan roda 4 juga bisa menggunakan motor, karena jalan yang sulit ditempuh, disarankan untuk menggunakan kendaraan khusus yang bisa masuk ke jalan – terjal bebatuan dan tanah merah. Setelah sampai di tugu kedua, yaitu Tugu Bima Putra, belok ke arah kanan masuk ke jalan koral. Sekitar satu jam perjalanan kita akan bertemu dengan sungai yang terbentang luas. Dimusim kemarau sungai tidak terlalu dalam, akan tetapi jika dimusim penghujan sungai dapat meluap. Untuk sepeda motor bisa melewati rakit yang tersedia dengan membayar 5000 rupiah.

Sekitar 30 menit dari tempat pemberhentian mobil akhirnya yang menjadi tujuan sudah semakin dekat dengan terdengarnya suara gemercik air yang sangat deras, dan akhirnya sampai di lokasi air terjun.

Saat ini, Air Terjun Singkai sangat digandrungi para petualang. Selain Koping, salah satu Komunitas Treal Mukomuko, Andre Muse  juga pernah bercerita tentang keindahan alam Air Terjun Singkai. Tapi Muse lebih menceritakan kepuasannya ngetreal di jalur menuju air terjun. “Serunya kesana itu motor bisa sampai bawah air terjun, tapi jalurnya cukup ekstrim. Ada tanjakan dan turunan yang curam, nyeberang sungai, tapi disitu serunya,” ujar Muse. Ia juga menceritakan, ia sempat mengalami insiden kecil di salah satu turunan yang tidak jauh lagi dengan lokasi air terjun. Saat melewati jalur itu, ia tidak sengaja ngerem mendadak, spontan motor yang ia kendarai nungging sampai berputar. Kepala Muse pun jatuh ketanah yang sudah sedikit berlumpur.

Source https://www.radarbengkuluonline.com https://www.radarbengkuluonline.com/2017/05/21/air-terjun-singkai-digandrung-para-petualang/
Comments
Loading...