Air Terjun Semirah Merambang : Wisata Alam di Kab. Sekadau

0 13

Air Terjun Semirah Merambang

Air Terjun Semirah Merambang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Dusun Belandong, Desa Tintin Boyok, Kecamatan Sekadau Hulu (Rawak), Kabupaten Sekadau, Propinsi Kalimantan Barat. Air Terjun Semirah Merambang mempunyai ketinggian air terjun 80 meter, dan memiliki tujuh tingkatan.Berjarak kurang lebih 20 kilo meter dari ibukota Kab. Menurut tetua kebiasaan warga setempat, air terjun ini memiliki narasi tersendiri.

 

Di era dulu diwaktu hidup satu orang yang telah lanjut umur, namanya Akik Temakau. Beliau amat sangat suka menginang dan menyugi tembakau. Kepada satu buah hri beliau bepergian dari Natai Tukar menuju ke daerah Taman yang kebetulan jalanya melewati diatas danau tersebut, bongkahan kayu yang nyaris rapuh dikonsumsi umur yang membelah danau itu dijadikannya yang merupakan titian.

Sesaat sedang berada diatas kayu tersebut Akik Temakau istirahat rencananya ingin menginang lagi. Ketika membelah buah pinang di atas titian tersebut, tiba-tiba pinang terbelah dua dan parangnya nancap di kayu itu, bukan bermain terkejutnya Akik Temakau menyaksikan darah yang demikian tidak sedikit ke luar dari kayu tadi.

Sesudah diamati nyata-nyatanya bukan kayu yang jadi titian Akik Temakau melainkan belakang ular agung. Berawal dari narasi itu, gemuruhnya bunyi merambang disebabkan dikarenakan air mandek oleh lekukan ular yang ada di danau tersebut, setelah itu air itu terjun sebab dilepaskan ular dan menerpa bebatuan terhadap sektor bawah.

Tips Berwisata ke Air Terjun Semirah Merambang

1. Pantaulah cuaca saat akan berkunjung ke Air Terjun Semirah Merambang, karena akan sangat menganggu liburan anda jika tiba-tiba turun hujan.
2. Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran selama wisata anda.
3. Bawalah barang-barang anda seperlunya. Karena jika terlalu banyak, akan memberatkan anda sendiri.
4. Jika hari libur, biasanya pengunjung yang datang ke Air Terjun Semirah Merambang sangat ramai. Jadi, ada baiknya datang di hari-hari biasa saja agar anda bisa bebas berwisata di air terjun ini.

Source http://epictio.com http://epictio.com/tempat/air-terjun-semirah-merambang/
Comments
Loading...