Air Terjun Selonatah Gunungpanti Winong Pati Jateng

0 342

Air Terjun Selonatah

Air Terjun Selonatah merupakan salah satu tempat wisata waterfall tersembunyi yang ada di Kota Pati. Air terjun Selonatah ini terletak di Dukuh Selonatah Desa Gunungpanti Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Tak banyak yang tahu tentang keberadaan air terjun ini karena lokasinya yang berada di pedalaman. Padahal bentuknya tak kalah dengan Air Terjun Grenjengan Sewu yang ada di Kecamatan Gunungwungkal.

Keindahan Air Terjun Selonatah

Satu tahun belakangan air terjun ini mulai banyak dikunjungi wisatawan lokal setelah keberadaannya terekspose di media sosial. Akses jalan menuju Air Terjun Selonatah memang tidak terlalu mulus karena berada di tengah kebun jagung dan kebun tebu. Namun keindahan air terjun selowire yang akan anda dapatkan sangatlah indah. Untuk melihat keindahan Air Terjun Selonatah ini yang luar biasa untuk menuju ke lokasi  memang dibutuhkan perjuangan yang benar – benar ekstra.

Rute Menuju Air Terjun Selonatah

Ada dua jalur yang bisa kita lewati untuk menuju Air Terjun Selonatah ini. Yang pertama adalah lewat Godo, Selowire kemudian dilanjutkan dengan masuk Dukuh Selonatah. Sayangnya akses jalan lewat jalur ini lumayan berat karena jalan banyak yang rusak akibat guyuran hujan. Sedangkan jalur yang kedua adalah melewati Kecamatan Tambakromo – Dukuh Gayam – Pohgading – Dukuh Selonatah – Air Terjun Grodo. Untuk jalur yang kedua, jalannnya cukup mulus dan bisa dilewati kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4.

Dilihat dari letak geografisnya, Air Terjun Grodo ini berada di pegunungan kendeng sama persis dengan air terjun tadah hujan yang ada di Sukolilo Pati. Berbeda dengan air terjun lainnya yang hanya memiliki satu atau dua buah air terjun dalam satu lokasi, air terjun selonatah memiliki 5 Air Terjun sekaligus yang berjajar rapi sehingga membentuk pemandangan yang luar biasa.

Source wisata pati
Comments
Loading...