Air Terjun Selapan, Wisata Alam Pringsewu

0 124

Air Terjun Selapan Pringsewu

Kabupaten Pringsewu menyimpan potensi wisata alam, yakni air terjun Selapan yang ketinggiannya sekitar 10 meter. Letaknya tepat di perbukitan wilayah hutan register 21 Bumi Jejama Secancanan. Lokasinya kurang lebih 2 kilometer dari Pekon Selapan, Kecamatan Pardasuka.  Belum banyak orang yang tahu soal air terjun ini, hanya orang muda setempat yang tahu, suka datang ke air terjun,” kata salah seroang warga Pekon Selapan, Margono saat ditemui di kediamannya.
Akses jalan menuju air terjun tersebut masih sulit dilalui dengan kendaraan bermotor. Karena dari Pekon Selapan harus melewati jalan tanah merah yang menanjak curam dan menurun tajam. Apalagi saat hujan turun membasahi jalan tanah itu menjadi licin.  Air terjun ini, berada di lembah di antara perbukitan. Sehingga untuk sampai ke air terjun mesti menuruni lereng yang curam. Wisata alam ini lebih cocok bagi para pecinta alam yang doyan menjelajah alam. Namun, di dasar air terjun ini tidak terdapat tanah datar yang lapang untuk berkemping. Hanya terdapat batu besar di depan air terjun itu.
Menurut Margono, selain air terjun, di perbukitan tersebut juga terdapat gua Selapan atau sering disebut warga setempat sebagai gua Harimau. Pekon Selapan ini berada kurang lebih delapan kilometer dari ibu kota Kecamatan Pardasuka.  Sementara, Pardasuka merupakan desa yang berada di ujung selatan wilayah Kabupaten Pringsewu. Berjarak kurang lebih 27 kilometer dari ibukota Kabupaten Pringsewu . Jalan menuju Pekon Selapan, dari Pardasuka berbatu  yang menanjak karena lokasi Pekon Selapan ini berada di dataran tinggi, perbukitan. Sisi kanan kiri sepanjang jalan itu terdapat jurang yang menganga. Tapi pemandangan bukit nan hijau membentang disekitarnya.
Source http://lampung.tribunnews.com http://lampung.tribunnews.com/2013/04/07/menikmati-air-terjun-selapan-pringsewu
Comments
Loading...