Air Terjun Selang Pangeran Sumatera Utara Sensasi Berpetualang di Alam Bebas

0 23

Air Terjun Selang Pangeran

Air Terjun Selang Pangeran merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Dinamakan Air Terjun Selang Pangeran karena merupakan aliran dari sungai Selang Pangeran. Air Terjun Selang Pangeran awal nya ditemukan oleh seorang penduduk desa timbang lawang yang ingin mencari kayu bakar di hutan TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser) dan dikelola oleh masyarakat setempat.

Air Terjun Selang Pangeran ini memiliki dua tingkat air terjun, tingkat pertama memiliki ketinggian lebih kurang 30 meter dan memiliki debit air yang tidak terlalu deras, air yang jatuh terlihat tipis sehingga seperti tirai-tirai, sedangkan dibawahnya terdapat bongkahan batu-batu yang cadas dan licin. Air yang jatuh terus mengalir kelokasi yang rendah dan membentuk air terjun yang kedua atau tingkat kedua yang memiliki ketinggian tidak jauh beda dengan yang pertama.

Tapi yang membedakan adalah debit air lumayan deras, itu di karenakan air yang mengalir dari atasnya membentuk satu arah dan berkumpul menjadi satu tanpa ada bebatuan yang menghalanginya. Uniknya lagi diantara air yang jatuh ini terdapat bebatuan tebing yang menjulang sehingga memiliki ruang sempit di tempat bermuaranya air yang jatuh dari atasnya.

Disekeliling lokasi air terjun ini terdapat tebing yang curam dan kokoh, bagi Anda yang senang dengan panjat tebing (walkclimbing) tempat ini bisa menjadi inspirasi untuk menguji adernalin berikutnya dan terdapat dataran-dataran landai yang lumayan luas bisa digunakan sebagai tempat berkemah (camping). Untuk menuju ke lokasi ini dari kota Medan menuju Desa Timbang Lawan lebih kurang 2-3 jam dengan kenderaan bermotor, jalur yang ditempuh sama dengan Anda menuju ekowisata Bukit Lawang.

Sesampainya di desa timbang lawan dari pasar atau jalur lintas untuk mencapai pintu rimba berkisar 3 km atau 1 jam dengan kenderaan bermotor. Dari pintu rimba menuju lokasi air terjun kita harus berjalan kaki (tracking) lebih kurang 1 jam perjalanan. Anda akan menyeberangi sungai landak yang kedalamannya setinggi lutut orang dewasa kemudian jalan setapak perkebunan karet milik warga, kemudian Anda akan melewati sungai kecil Selang Pangeran. Dan sebaik nya anda memakai jasa Guide/Pemandu agar tidak tersesat di jalan. Karena jalan menuju Air terjun tersebut akan memasuki hutan Taman Nasional Gunung Leuser/TNGL.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sumatera-utara/air-terjun-selang-pangeran-sumatera-utara-sensasi-berpetualang-di-alam-bebas.html
Comments
Loading...