Air Terjun Sekumpul di Buleleng, Bali

0 19

Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul di Bali juga merupakan suguhan pemandangan yang memukau. Bahkan banyak yang menyebut Sekumpul sebagai salah satu dari deretan air terjun paling indah yang bisa dijumpai di Pulau Dewata Bali. Air Terjun Sekumpul sangat istimewa karena lokasinya tersembunyi dan dibutuhkan usaha ekstra untuk mencapai lokasi obyek wisata ini. Untuk menuju air terjun Sekumpul, Anda harus melakukan perjalanan dengan melalui banyak tangga licin dan harus menyeberangi sungai untuk melihat air terjun dari dekat. Selain lokasinya yang sedikit tersembunyi, keunikan lain dari Air Terjun Sekumpul adalah ada tujuh air terjun di sini. Oleh karenanya, warga setempat memberi nama Sekumpul yang artinya sekumpulan air terjun.

Warga lokal menyebutnya Air Terjun Pemuatan atau Seven Points Waterfall sebutan oleh wisatawan luar negeri. Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum berkunjung ke sini. Diantaranya, bawa pakaian ganti dari rumah, karena setelah bermain air tentu baju akan basah dan pasti tidak lucu jika Anda pulang dalam keadaan basah kuyup. Jangan lupa bawa makanan dan minuman, karena tidak ada penjaja makanan di sini. Pakailah alas kaki yang nyaman dan anti selip karena medan yang ditempuh ketika berjalan kaki tidak selalu kering. Dan yang harus Anda bawa juga yakni kamera, perlengkapan wajib untuk mengabadikan momen keindahan alam. Ambil foto sebanyak-banyaknya, karena keindahan alam di sini tak ada tandingnya.

Akses Menuju Air Terjun Sekumpul

Air terjun Sekumpul berlokasi di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Lokasi wisata ini berada sekitar 85 Km dari bandara Ngurah Rai. Wisatawan bisa memilih datang ke sini dengan melalui Jl. Denpasar – Singaraja yang ditempuh dalam 2 jam 36 menit. Atau 74 km dari Denpasar melalui Jl. Denpasar – Singaraja ditempuh perjalanan selama 2 jam 10 menit, atau 80 km dari Kuta melalui Jl. Denpasar–Singaraja selama 2 jam 26 menit perjalanan dan 21 Km dari kota  Buleleng melalui Jl. Raya Keloncing sekitar 40 menit saja.

Saat menengok keberadaan loket masuk, Anda masih harus berjalan kaki naik turun jalan setapak sepanjang 300 meter serta menyeberangi sungai. Sungai ini mempunyai kedalaman mencapai paha orang dewasa. Tentunya, rasa capek akan terbayar setelah melihat kecantikan air terjun Sekumpul di depan mata. Dari ketinggian sekitar 100 meter dari atas pegunungan, airnya mengucur deras dan deburannya sangat menghipnotis untuk bermain air di bawahnya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sekumpul

Obyek wisata Air Terjun Sekumpul buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WITA, dan tarif yang dikenakan cukup murah yakni Rp.2.000 untuk wisatawan domestik dan Rp.5.000 untuk wisatawan asing. Jangan lupa persiapkan kendaraan Anda sebaik mungkin jika ingin mengunjugi air terjun Sekumpul. Karena medan jalan yang dilalui berkelok-kelok serta naik turun, dan tetap ekstra hati-hati ya.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/air-terjun-sekumpul-buleleng-keindahan-tersembunyi-bali-00415.html
Comments
Loading...