Air Terjun Saray Brunyau Permai di Kapuas Hulu

0 12

Air Terjun Saray Brunyau Permai

Air Terjun Saray Brunyau Permai ini merupakan salah satu wisata alam yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu Untuk menuju lokasi berjarak sekitar lebih kurang 5 (lima) kilo meter dari Jalan Lintas Selatan tepat di Desa Riam Piyang Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Lulu Kalimantan Barat dengan melalui akses jalan darat, ada satu potensi obyek wisata yang menakjubkan dan belum tersentuh masyarakat banyak.

Sedangkan untuk akses transportasi air menggunakan mesin sped 15 HP/PK, yang hanya memakan waktu sekitar setengah jam menuju pangkalan sungai. Dari pangkalan sungai lanjut dengan menggunakan jalan setapak berjarak sekitar 500 meter saja, maka sampailah ke tempat wisata yang sangat indah dan menakjubkan yaitu air terjun Saray Brunyau Permai.

Panorama alamnya sangat berpotensi jika dikelola dan  dijadikan tempat wisata di Kabupaten Kapuas Hulu,” kata Alial Kepala Desa Riam Piyang, Rabu . Sebagai Kepala Desa, Alial berharap kepada pemerintah daerah maupun pemerintah pusat agar dapat mengembangkan potensi wisata tersebut dengan membangun infrastruktur, sarana dan prasarana untuk memudahkan para wisatawan atau masyarakat untuk berkunjung, ujarnya.

Apabila potensi wisata tersebut dikelola dengan baik, maka dapat dijadikan aset daerah yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Sebab selama ini air terjun Saray Brunyau Permai belum banyak dikenal hingga keluar, sehingga perlu promosi oleh semua pihak termasuk oleh pemerintah daerah, jelasnya.

Selama ini masyarakat setempat sudah menjaga dan melestarikan potensi wisata yang ada tersebut, hanya saja perhatian dari pemerintah setempat belum ada,” tambahnya. Sebenarnya potensi wisata di Kapuas Hulu sangat banyak tetapi belum terkelola dengan baik. Padahal dengan potensi yang ada dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menambah pendapatan asli daerah terangnya.

Source http://www.uncak.com http://www.uncak.com/2016/11/air-terjun-saray-brunyau-permai-potensi.html
Comments
Loading...