Air Terjun Sarasah Talang dan Batu Biduak

0 9

Pesisir Selatan dikenal kaya dengan po­tensi alamnya, termasuk objek wisata. Tak heran banyak kawasan wisata   ada di Pessel dilirik oleh masyarakat daerah maupun mancanegara, apalagi daerah ini memiliki 3 dimensi yaitu alam pantai, pegunungan, bahari yang menjadi sasaran pengunjung untuk menghabiskan waktu senggang bersama keluarga.

Sebagai kawasan wisata penyangga pantai Carocok Painan, tersebutlah Sarasah Talang yang terletak di Kampung Sawah Liek di Kenagarian Limau Gadang Lumpo Kecamatan IV Ju­rai Pessel. Sarasah ini memiliki air terjun 7 tingkat, yang kini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, untuk menikmati keindahan ala­m­nya yang sejuk, unik dan nyaman.

 

Daerah ter­se­but di­keli­lingi oleh alam daerah per­bukitan yang me­me­sona, yang membuat pengunjung merasa puas. Udaranya yang sejuk akan membuat kunjungan anda bersama keluarga cukup berkesan. Wali Nagari Limau Ga­dang Nasrul Dt Rj Bagindo mengatakan, daerahnya be­rada dalam lingkungan daerah perbukitan serta dialiri oleh sungai yang airnya bersih dan bening, yang sangat tidak lengkap rasanya bila tidak mandi di lokasi tersebut.

Menurutnya, para ma­ha­siswa dari berbagai per­guruan tinggi terkemuka di Sumbar telah beberapa kali mela­kukan penelitian ter­ha­dap air terjun sarasah Talang. Objek wisata ini perlu dikembangkan. Ken­da­la saat ini, keterbatasan in­fras­truktur yang belum memadai. Pengunjung  harus berjalan kaki untuk mencapai objek wisata ini, setelah sampai di Ke­na­garian Limau Gadang. Per­jalanan makan waktu se­kitar 30 menit, karena ma­sih berupa jalan tanah.

Masyarakat Nagari Li­mau Gadang  mayoritas hidup sebagai petani. Ma­sya­rakatnya dikenal santun dan ramah terhadap tamu yang datang ke daerahnya. Meskipun hidup se­bagai petani, masya­rakat­nya lebih memberdayakan kesenian tradisional seperti indang yang pemainnya tidak saja di kalangan orang dewasa namun juga  ge­nerasi muda. Kesenian ini sudah mengakar secara turun temurun dari orang­tua mereka yang sanpai kini tetap dilestarikan.

Tak lengkap ra­sa­nya ba­gi anda yang berkunjung ke Sarasah Talang jika tak me­n­yempatan diri ke ka­wasan objek wisata Batu Biduk yang masih dalam Kenagarian Limau Gadang Kecamatan IV Jurai Pessel. Di daerah ini terdapat sungai yang mengalir, air­nya bening dan bersih. Di sini ada legenda (cerita rak­yat) batu yang dike­ramat­kan dengan posisi ter­tel­ung­kup di badan sungai.

Meskipun banjir, batu itu tidak pernah tertimbun material dan bergeser dari posisinya. Pada bagian ke­pala batu biduak tersebut juga  terdapat lesung batu (lobang) menampung air yang tidak pernah me­ngalami kekeringan. Objek wisata  Sarasah Talang dan Batu Biduak yang terletak  sekitar 15 km dari Painan menuju daerah Lumpo dan terus ke kawasan objek wisata di Kenagarian Limau Gadang, daerahnya mudah di­jang­kau oleh pengunjung yang ingin menikmatinya.

Lokasi ini bisa di­tem­puh dengan mengguna­kan kendaraan roda ampat ma­u­p­un roda enam. Rugi ra­sa­nya bila anda tidak me­ngu­n­jungi daerah ini dalam memanfaatkan waktu seng­gang (libur). Kepala Dinas Pa­ri­wi­sata dan Ekonomi Kreatif Pessel H Gunawan men­jelas­kan, Pemda Pessel akan terus berupaya  me­ngem­bangkan kawasan wi­sata andalan seperti pantai Carocok Painan, kawasan Mandeh Resort, puncak Bukit Langkisau sebagai landasan pacu paralayang.

Sementara itu pe­ngem­bangan pembangunan  air terjun Sarasah Ta­la­ng perlu proses pengkajian ka­re­na untuk membangun ka­wa­san wisata tersebut jelas membutuhkan dana yang cukup besar. “Namun kawasan wi­sata ini sudah menjadi perhatian Pemda Pes­sel sebagai ka­wasan wisata penyangga pantai Carocok Painan yang kini padat dikunjungi oleh berbagai lapisan masya­rakat,” katanya.

Source https://www.harianhaluan.com https://www.harianhaluan.com/news/detail/48898/mari-berpetualang-ke-sarasah-talang-dan-batu-biduak
Comments
Loading...