Air Terjun Sarasah Barasok Nagari Maek

0 149

Air Terjun Sarasah Barasok

Air Terjun Sarasah Barasok (Sarosa Barasok) merupakan sebuah objek wisata yang terdapat di Kenagarian Maek, Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Tepatnya berada di kampung penulis sendiri. Nagari yang asri yang masih menyimpan banyak peninggalan sejarah dan keindahan serta kelestarian alamnya yang masih terjaga sampai hari ini penulis menuangkannya dalam tulisan ini. Semoga keindahan dan kelestarian alamnya bisa terjaga sampai kapanpun.
  
Nagari Maek masih menyimpan banyak kebudayaan dan sejarah para nenek moyang terdahulu yang hingga sekarang telah menjadi objek wisata alam yang indah. Walau Nagari kami agak terpencil dari daerah lain tetapi mempunyai banyak hal yang tak mungkin bisa dibandingkan dengan nagari-nagari atau daerah lainnya. Salah satunya objek wisata ini, Sarosa Barasok/”Air Terjun Berasap”.
Air terjun ini terletak di Jorong Ampang Gadang Kenagarian Maek. Salah satu kendala untuk objek wisata ini adalah fasilitas jalan yang belum memadai, karena Air terjun ini terletak agak jauh dari pemukiman warga. Air terjun ini terletak dalam hutan rimba yang untuk mencapainya diperlukan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Tetapi walaupun demikian lamanya perjalanan yang ditempuh untuk mencapainya. Teman-teman tidak akan menyesal pergi ke Air Terjun Sarasah Barasok ini.
Di sinilah keunikan dari kampung kami, Nagari Maek. Selama perjalanan ke Objek Wisata, kita disuguhi pemandangan yang indah yang akan menghilangkan dahaga dan lelah selama perjalanan. banyak pemandangan yang indah yang menyambut kita selama perjalanan. Banyak hal-hal yang unik dan menarik yang bisa kita temui selama dalam perjalanan. Objek Wisata ini tidak kalah dengan objek wisata lainnya di Indonesia. Di Nagari Maek menyuguhkan pemandangan yang Asri dan alami.
Seperti juga halnya pepatah “Tidak Satu Jalan Ke Roma”, begitu pun dengan objek wisata yang satu ini, kita bisa menikmati pemandangan yang berbeda selama perjalanan Pergi dan Pulang dari Sarasah Barasokkarena tidak hanya satu jalan meuju ke sana, dan masing-masing jalan mempunyai keunikan dan pesona tersendiri. Di sepanjang perjalanan kita disuguhi dengan pemandangan Nagari Maek dari perbukitan yang membuat sejuk mata memandangnya.

 Lukisan alam Ciptaan Allah SWTyang begitu indah memanjakan mata kita yang membuat kita tidak henti-hentinya mengucapkan syukur atas keindahan ciptaan-NYA. Tidak hanya itu, konon aliran air dari Sarasah Barasok tembus melewati bawah bukit tempat jatuhnya hingga ke Nagari Tetangga yaitu “Banja Laweh”. Konon kabarnya di bawah aliran Air Terjun Sarasah Barasok juga terdapat sebuah Candi peninggalan kerajaan nenek moyang terdahulu. candi tersebut telah terkubur bersama dengan aliran air dan pasir yang dibawa oleh aliran air. diperkirakan candi tersebut telah berumur ribuan tahun.

Source http://munggulala.blogspot.com http://munggulala.blogspot.com/2013/07/air-terjun-sarasah-barasok-nagari-maek.html
Comments
Loading...