Air Terjun Santi – Wisata Alam Tersembunyi Di Pati Jateng

0 142

Air Terjun Santi

Air Terjun Santi merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di Pati, Air Terjun Santi ini terletak di Desa Gunungsari Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Propinsi Jawa Tengah. Air Terjun Santi terdiri dari atas dua air terjun yg terpisah. Yang perdana terdapat di sektor bawah, sesuai di sudut suatu sungai mungil dengan falsafah sungai yg dipenuhi batu-batu beragam ukuran dengan kedalaman air yang tak terlampaui dalam.. Air terjun ini oleh penduduk dinamakan juga sebagai “Tretes”. Di sini tiap-tiap hari Pekan atau hri libur ruang ini dapat senantiasa penuh oleh muda-mudi yang menghabiskan dikala di seputar air terjun.

Sedangkan yang ke-2 oleh penduduk lebih kurang di sebut bersama “Jenar”. Air terjun Jenar ini justru lebih Besar & tinggi dari pada Air Terjun Tretes. Letak air terjun ini berada lebih kurang 500 m di atas Air Terjun Tretes. Ke-2 air terjun ini berada di tebing sungai di lereng Gunung Muria sektor timur, & tersembunyi di rimbunnya perkebunan pohon kopi milik penduduk.

Akses Menuju Air Terjun Santi 

Akses kesana rata-rata melalui Dukuh Santi Desa Gunungsari atau dapat pun lewat jurusan selatan adalah melalui Dukuh Jentir Desa Tajungsari. Dari kota Pati arahkan kendaraan ke arah utara ke kota Tayu. Sesampai di daerah kecamatan Trangklil tepatnya di depan Puskesmas Trangkli bakal dijumpai jalan masuk menuju Desa Gunungsari, Masuk & ikuti ke jalan tersebut sampai tiba di desa. Jalan raya menuju ke tempat ini cuma hingga ke batas desa, maka bagi yg mengambil kendaraan mesti menitipkan kendaraannya di desa tersebut. Kemudian buat menuju ke kompleks Air Terjun Santi cuma di raih dgn berlangsung kaki lewat jalan setapak sejauh lebih dari 500 meter.

Ke-2 air terjun yg terdapat dalam kompleks air terjun Santi ini memang lah belum meraih perhatian dari pemerintah daerah Kab Pati ataupun pihak yang lain. Tapi justru dikarenakan itu, air terjun ini masih mempesona dalam keperawanannya. Ketimbang obyek-obyek yang lain (yg lebih indah) yg terdapat di wilayah Kab Pati yg setelah itu surut pesonanya akibat salah pengelolaan.

Tips Air Terjun Santi 

1. Pantaulah cuaca saat akan berkunjung ke Air Terjun Santi, karena akan sangat menganggu liburan anda jika tiba-tiba turun hujan.
2. Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran selama wisata anda.
3. Bawalah barang-barang anda seperlunya. Karena jika terlalu banyak, akan memberatkan anda sendiri.
4. Jika hari libur, biasanya pengunjung yang datang ke Air Terjun Santi sangat ramai. Jadi, ada baiknya datang di hari-hari biasa saja agar anda bisa bebas berwisata di air terjun ini.

Source wisata pati
Comments
Loading...