Air Terjun Santhipala Ceburan di Buleleng, Bali

0 43

Air Terjun Santhipala Ceburan

Air Terjun Santhipala Ceburan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Bengkel, Kecamatan Busung Biu, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali. Sejarah Desa sebelum menjadi Desa Wilayah Desa Bengkel ini merupakan sebuah perkampungan yang bernama Banjar Lumbanan, Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar dengan lokasi Banjar di sisi selatan desa. Namun karena diserang Hama ( Semut ) yang tidak bisa diberantas dengan cara apapun juga maka banjar tersebut berpindah tempat ke sisi Utara Desa yang diberi nama Banjar Djabon Pahit.

Selanjutnya didukung dengan persyaratan untuk membentuk Desa seperti Jumlah Penduduk, Kahyangan Tiga, Kuburan dan Luas Wilayah telah terpenuhi maka tetua Desa yang hingga ditulisnya sejarah Desa ini masih Hidup memperjuangkan untuk berdiri sendiri ( Membentuk Desa ) lepas dan Desa Banyuatis dan perjuangan mereka berhasil pada tanggal 05 Juni 1962. Sehingga menjadi Desa dengan nama Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu.

Akses Menuju Air Terjun Santhipala Ceburan

Untuk mencapai Air terjun ini berjarak tempuh kurang lebih 90 menit dari kota Denpasar dengan kondisi jalan beraspal, namun berkelok – kelok naik turun. Dari Denpasar mengambil arah ke Bedugul lalu ke Candi Kuning. Di Candi Kuning akan ada persimpangan jalan, jika ke kanan ke kota Singaraja dan ke kiri ke arah Wana Giri. Di persimpangan ini ambil arah kekiri ke arah Banyuatis hingga tiba di Desa Bengkel. Selama perjalanan menuju desa Bengkel, Sebelah kiri akan terlihat 2 danau, yaitu Danau Buyan dan Tamblingan.

Jalan yang ditempuh, akan berkelok – kelok dan naik turun, jarak tempuh perjalanan panjang dan berkelok akan terbayar dengan sejuknya air terjun Ceburan dan pemandangan asri disana. Jika sudah sampai di desa Bengkel, sebaiknya tanya ke penduduk setempat tentang air terjun Santhipala Ceburan ini. Karena, air terjun ini masih termasuk daerah yang belum terjamah  dan belum banyak di ketahui orang.

Source https://infoobjek.wordpress.com https://infoobjek.wordpress.com/2013/01/14/air-terjun-santhipala-ceburan/
Comments
Loading...