Air Terjun Sambora : Wisata Alam di Kab. Mempawah

0 9

Air Terjun Sambora

Kalimantan Barat memiliki beragam potensi wisata yang dapat menjadi alternatif destinasi dan pilihan dalam mengisi akhir pekan atau liburan. Satu di antaranya air terjun Sambora yang terletak di Desa Sambora Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah. Keberadaan air terjun yang terletak di Bukit Raya Desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Landak ini memiliki keindahan air terjun yang konon katanya memiliki 7 tingkat ini tidak akan kalah dengan air terjun daerah lainnya. Terlebih sepanjang perjalanan menuju air terjun bertingkat ini kita akan disuguhkan dengan sketsa keindahan alam pemandangan hamparan sawah dan perbukitan.
Dengan Rp 5.000, Pengunjung Bisa Nikmati Wisata Air Terjun Tikalong Belum lagi keramah tamahan warga desa yang sangat menyambut baik tamu yang datang kedesa mereka. Hanya saja masih minimnya sentuhan, menyebabkan perjalanan menuju air terjun Sambora ini harus ditempuh dengan medan yang cukup menantang. Untuk menuju desa ini dapat ditempuh dengan jarak sekitar 57 km dari Mempawah atau sekitar 92 km jika dari Pontianak. Sementara dari Desa Sambora untuk menuju lokasi air terjun jarak tempuh 2 km jika menggunakan kendaraan bermotor dapat ditempuh dengan waktu 20 menitan. Namun jika berjalan kaki dengan waktu sekitar 1jaman hal ini lantaran jalan yang dilalui jalan setapak yang kerap menanjak dan melalui anakan sungai kecil.
Ketika banyak pengunjung datang, mereka terkadang memberikan tanggapan memuaskan dengan keindahan air terjun Sambora ini, hanya saja masalah jalan menuju akses yang masih banyak dikeluhkan. “Kalau yang banyak dikeluhkan itu masalah jalannya,”jelas pemuda lainnya, Amin. Beberapa tahun silam, sebetulnya sudah dibuatkan akses pegangan tangan untuk mendaki bukit dimana tempat keberadaan air terjun ini, namun lantaran dimakan waktu, akses pegangan tangan tersebut akhirnya lapuk dan hilang tanpa jejak. Ternyata jika pengunjung bisa mendaki lebih jauh ke puncak bukit, mereka tak hanya akan disuguhkan pemandangan keindahan air terjun saja, namun pada akses jalan lainnya terdapat potensi wisata lainnya yakni goa kelelawar bahkan konon katanya ada lagi keberadaan bendungan peninggalan jaman Belanda di daerah sekitar air terjun tersebut.
Source http://nurihsannia.blogspot.com http://nurihsannia.blogspot.com/2018/03/air-terjun-sambora-suguhkan-keindahan.html
Comments
Loading...