Air Terjun Sadundu Pidu, Wisata Alam Bima

0 138

Air Terjun Sadundu Pidu

Di Kabupaten Bima dan Dompu di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat adalah surganya tempat wisata, beberapa di antaranya hanya ada beberapa di dunia seperti Tambora Geopark, lakey beach, snake island, dan danau purba berair asin Satonda. Air Terjun Sadundu Pidu adalah satu dari puluhan air terjun luar biasa yang ada di Bima dan Dompu, air terjun yang terdiri dari tujuh tingkat ini merupakan surga tersembunyi yang belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas.

Air sungai yang segar dan dingin dengan kolam yang terbentuk secara alami berada di setiap tingkat air terjun membuat air terjun ini sangat layak menjadi tempat untuk liburan keluarga, setiap kolam mempunyai ukuran dan kedalaman yang berbeda beda, kolam terbesar dan terluas ada di tingkat paling bawah, sedangkan kolam untuk anak – anak ada di tingkat paling atas. Lokasinya yang dikelilingi oleh tebing tebing yang besar dan indah, deretan pepohonan nan hijau dan dan susunan air terjun yang terlihat jelas di lihat dari bawah maupun dari atas membuat surga tersembunyi juga sangat cocok untuk spot foto bagi para penggemar fotografi.

Air terjun yang sebagian masuk wilayah kabupaten Bima dan sebagian lagi masuk wilayah kabupaten Dompu ini sebenarnya memiliki banyak kelebihan, selain pemandangan yang memukau, lokasi ini juga sangat gampang di akses, hanya berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari kota bima menuju desa Rora di Kecamatan Donggo, yang dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 15 menit dari desa Rora atau hanya sekitar 100 meter dari lokasi parkir kendaraan. Deretan pohon jati yang menjulang tinggi sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun menambah keindahan dan kesejukan di sekitar lokasi air terjun.

Kelebihan lain dari air terjun ini adalah airnya tidak pernah kering sepanjang tahun dan hanya debit airnya yang agak berkurang di musim kemarau, namun tidak mengurangi keindahan dan pesonanya. Daya tarik Air Terjun Sadundu Pidu membuat komunitas SABUA RA’A berinisiatif untuk melakukan serangkaian acara guna memperkenalkan dan mempromosikan Air Terjun Sadundu Pidu, rangkaian kegiatan ini diawali dengan penandaan di google maps untuk mempermudah pengunjung dari manapun yang hendak datang berkunjung dan ditutup dengan aksi menviralkan Sadundu Pidu diberbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Youtube.
Source http://www.sabuaraa.com http://www.sabuaraa.com/2018/01/sadundu-pidu-waterfall-surga.html
Comments
Loading...