Air Terjun Roro Kuning Wisata Alam di Nganjuk

0 143

Air Terjun Roro Kuning

Air Terjun Roro Kuning merupakan salah satu wisata alam yang berada di ketinggian 600 m dpl dan memiliki tinggi antara 10-15 m.  Air terjun Roro Kuning ini mengalir dari tiga sumber dari Gunung Wilis yang mengalir merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus.

Akibat dari rambatan aliran sumber ini , terjadilah Air Terjun yang membentuk Trisula. Letak Air Terjun ini di desa Bajulan. Di sekitar lokasi Air Terjun Roro Kuning juga bisa dijumpai Air Terjun Ngunut setinggi ± 55 m, Air Terjun Pacoban Ngunut setinggi ± 95 m dan Air Terjun Pacoban Lawe setinggi ± 75 m.

Jarak dari air terjun Roro Kuning menuju air terjun Pacoban Ngunut sekitar 4 km.  Sedangkan untuk Air Terjun Coban Lawe dan Air Terjun Ngunut, harus berjalan kurang lebih 3 km lagi. Untuk menuju ke tiga air terjun tersebut sebaiknya mempersiapkan fisik sebelum kesana, karena jalannya cukup terjal. Selain keindahan alam, Air Terjun Roro Kuning juga memiliki nilai sejarah. Di sekitar lokasi ini terdapat monumen perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan Jenderal Sudirman saat memimpin perang gerilya melawan Belanda pada tahun 1949.

Akses Menuju Air Terjun Roro Kuning

Air Terjun Roro Kuning terletak di Desa Bajulan – Kabupaten Nganjuk – Kecamatan Loceret Berjarak ± 23 km ke selatan dari Kota Nganjuk dengan kondisi jalan menuju lokasi wisata ini sudah beraspal bagus dengan lebar sekitar 7-10 meter.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Terminal Nganjuk naik mini bus jurusan Nganjuk-Kediri turun di Loceret dengan ongkos Rp 4.000/orang.  Dari Loceret naik angkot atau jasa ojek.  Untuk ongkos ojek pulang pergi sekitar Rp 50.000/orang. Tiket masuk adalah Rp 2.000/orang. Biaya parkir sepeda motor Rp 1.000/buah dan Rp 5.000/mobil.

Source http://mday.info http://mday.info/result/detail/detail.php?idN=3032&title=Tempat%20Wisata%20Air%20Terjun%20Roro%20Kuning%20-%20Nganjuk
Comments
Loading...