Air Terjun Riam Solang, Kab.Landak

0 14

Air Terjun Riam Solang

Riam Solang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakkan orang di Provinsi Kal-Bar, khususnya Kab.Landak. Keindahan alam yang menjanjikan rasa nyaman bagi pengunjung, membuat riam solang menjadi tujuan utama bagi mereka yang ingin melepas kepenatan dengan kesibukan sehari-hari.Riam solang terletak tidak jauh dari Desa Senakin, jarak tempuhnya pun relatif mudah untuk dijangkau.

Dengan jarak tempuh kira-kira 20 menit dengan menggunakan kendaraan dan berjalan kaki kira-kira 1 jam, para pengunjung sudah dapat tiba di lokasi pariwisata unggulan desa setempat. Salain jarak tempuhnya relatif dekat, para pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan roda empat dan sepeda motor atau berjalan kaki sembari menikmati alam sekitar selama perjalanan. Dengan hanya bermodalkan uang Rp.1000-Rp.2000 para pengunjung sudah dapat memasuki daerah pariwisata alam riam solang.

Keindahan alam yang ada di lokasi riam solang menyuguhkan keindahan air terjun setinggi kurang lebih 3 atau 4 meter. Selain air terjun, batu tangket yang terletak tidak jauh dari lokasi air terjun juga menjadi salah satu suguhan bagi para pengunjung. Konon katanya, menurut cerita batu tersebut mempunyai cerita/legenda tersendiri sehingga tepat dibawah batu tersebut dapat kita temukan tempat untuk sesajian yang dibuat oleh penduduk setempat. Setiap tahunnya, bertepatan dengan pergantian tahun baru biasanya tempat ini ramai dikunjungi. Jumlah pengunjung dapat mencapai ribuan orang, dari berbagai daerah terutama kaum muda. Maka tidaklah heran apabila setiap tanggal 1 januari setiap tahunnya, desa senakin selalu ramai dengan lalu lalang kendaraan para pengunjung.

Persimpangan jalan untuk menuju lokasi riam solang tidak jauh dari desa senakin. Jika kita dari arah Pontianak, maka jarak persimpangan dengan pasar senakin kira-kira 100 meter, sebelah kiri jalan atau tepatnya di depan pemakaman umum desa setempat. Selain panorama alam riam solang, masih ada lagi salah satu panorama alam yang terdapat didaerah Kab. Landak. Riam Jajak Buru, merupakan salah satu objek wisata yang keindahan alamnya kurang lebih sama dengan panorama alam riam solang. Namun, dilokasi Riam Jajak Buru tidak terdapat air terjun dan hanya menyuguhkan keindahan alam dan air bebatuan. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari desa senakin, tepatnya di desa gombang.

Untuk sampai dilokasi tersebut pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda empat dan sepeda motor. Namun kendaraan roda empat tidak dapat memasuki lokasi riam ini karena jalan utama setelah menempuh jalan beraspal, pengunjung harus menempuh jalan setapak yang hanya cukup untuk para pengendara motor, berbeda halnya dengan lokasi panorama alam riam solang.

Source http://setempap.blogspot.com http://setempap.blogspot.com/2017/01/wisata-riam-solang-di-senakin-kecsengah.html
Comments
Loading...