Air Terjun Riam Manajur, di Kab. Bengkayang

0 19

Air Terjun Riam Manajur

Kabupaten Bengkayang dikenal dengan sejuta pesona wisata air terjunnya. Salah satunya adalah Riam Manajur yang baru-baru ini mulai dikenal oleh masyarakat. Riam Manajur merupakan satu dari destinasi wisata air terjun yang terletak di Dusun Laek, Desa Bengkilu, Kecamatan Tujuhbelas, Kabupaten Bengkayang sekitar 226,6 KM dari Kota Pontianak.

 

Jumat Pukul 10:00 wib, sekelompok pemuda peduli lingkungan Bengkayang bertolak dari Bengkayang menuju Riam Manajur menggunakan sepeda motor. Kira-kira 2 jam perjalanan menuju Dusun Laek, perjalanan ditempuh sekitar 1 jam dengan kondisi track jalan tanah yang licin, menanjak, menurun, dan pastinya menyenangkan karena disuguhi panorama hutan hujan tropis yang masih alami.

Setelah melakukan tracking menggunakan kendaraan roda dua, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki, menuruni punggung bukit yang areanya di dominasi bebatuan dengan elevasi yang datar di hadapan Air terjun manajur ini. Kondisi Riam Manajur ini masih sangat alami, dengan air yang jernih, lingkungan yang masih terjaga dengan baik, udara yang masih segar, dan vegetasi tertutup rapat membentuk iklim mikro.

Terbukti masih terdapat tumbuhan Begonia spp yang merupakan indikator hutan lembab yang masih terjaga kelestariannya, ditambah masih sering dijumpai burung Enggang yang merupakan hewan langka yang dilindungi. Riam Manajur memang baru-baru ini dikenal, masih sangat jarang dikunjungi, namun kini menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi karena kelestarian alamnya.

Keindahan tebing bebatuan acsesoris dari air terjun merupakan pemandangan yang indah mempesona. Hutan yang masih hijau, ditemani suara-suara burung yang berkicau, sungguh dapat melepas selaga penat lelah. Sangat direkomendasikan bagi teman-teman untuk berlibur ke sini.

Melihat potensi yang ada maka perlu adanya peran penting Pemerintah untuk mengelolanya dengan baik. Agar potensi tersebut dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan daerah, baik dari segi ekonomi, sosial masyarakat, dan juga pelestarian lingkungan hidup.

Source http://pontianak.tribunnews.com http://pontianak.tribunnews.com/2017/12/29/wisata-riam-manajur-di-bengkayang-perlu-sentuhan-pemerintah
Comments
Loading...