Air Terjun Renah Sungai Besar, Potensi Wisata Jambi yang Terlupakan

0 51

Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar terletak pada Desa Renah Sungai Besar, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Untuk menikmati keelokan air terjun ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 80 kilometer dari pusat Kabupaten Bungo. Jarak tersebut dapat ditempuh dengan perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat untuk menuju ke Air Terjun Renah Sungai Besar. Kondisi jalan dari pusat Kabupaten Bungo menuju ke Desa Renah Sungai Besar pun cukup baik dan beraspal mulus. Namun sesampainya di Desa Renah Sungai Besar, pengunjung harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Setidaknya pengunjung harus berjalan kaki selama 30 menit sebelum sampai di lokasi air terjun.

Fasilitas Air Terjun Renah Sungai Besar

Fasilitas yang ada di Air Terjun Renah Sungai Besar ini tak sebanding dengan keindahan yang ditawarkan. Masih sangat minim fasilitas yang bisa ditemukan wisatawan, hanya terdapat sebuah bangunan sederhana untuk berganti baju di dekat air terjun. Di air terjun ini juga belum dibangun toilet, tempat parkir dan juga mushola untuk beribadah bagi umat muslim.

Biasanya, wisatawan yang berkunjung ke air terjun menitipkan kendaraannya di rumah milik warga desa terdekat. Bagi pengunjung muslim yang hendak beribadah, bisa menggunakan mushola yang ada di Desa Renah Sungai Besar. Di sekitar air terjun juga belum ditemukan adanya pedagang yang menjual makanan ataupun minuman, jadi sebaiknya wisatawan membawa bekal sendiri atau membeli di desa terdekat.

Apabila wisatawan hendak menginap, terdapat pilihan penginapan atau hotel yang bisa dipilih di sekitar Muaro Bungo. Setidaknya ada 5 hotel mulai dari bintang satu hingga bintang 3 yang bisa digunakan bermalam. Jika tengah berada di Kabupaten Bungo, tiada salahnya untuk menengok keindahan dari Air Terjun Renah Sungai Besar, berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berada di air terjun ini.

Keindahan Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar, kamu akan diperlihatkan sebuah fenomena air terjun yang cukup menawan lengkap dengan gemuruh air jatuh dari tebing. Disini kamu bisa sepuasnya menikmati air terjun dengan mandi dan juga berenang bersama anak-anak kecil desa setempat. Airnya yang jernih serta segar, mampu mengembalikan semangat dan merelaksasi tubuh. Jangan lupa kamu juga bisa menikmati sensasi refleksi alami dengan berdiri tepat dibawah air terjun dan merasakan air yang jatuh membasahi seluruh tubuh. Pemandangan sekitar yang dipenuhi dengan pepohonan hijau, nampak asri serta menambah keindahan air terjun ini. Tempat ini sangat cocok untuk melepas penat, serta menghilangkan stress di kepala.

Daya Tarik Air Terjun Renah Sungai Besar

Bagi para pecinta karya fotografi, tempat wisata ini pun bisa digunakan sebagai destinasi hunting foto. Air terjun ini menawarkan berbagai objek yang indah, untuk kamu bidik dengan menggunakan kamera. Kamu juga bisa mengabadikan keindahan alam sekitar yang masih asri, serta terjaga dari tangan-tangan yang tak bertanggung jawab. Dengan menelusuri sekitar air terjun, kamu dapat menemukan spot-spot terbaik untuk memotret keindahan alam. Pesona air terjun juga bisa digunakan sebagai background, bagi yang hobi memajang foto di akun media sosial. Tentunya, tempat wisata ini cukup instagramable dan dapat menghasilkan foto yang menarik.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Air-Terjun-Renah-Sungai-Besar
Comments
Loading...