Air Terjun Reje Ilang Keindahan Alam di Kabupaten Bener Meriah, Aceh

0 62

Air Terjun Reje Ilang

Air Terjun Reje Ilang merupakan salah satu wisata alam yang  terletak di Desa Meriah Jaya dan berada di Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Selain tamasya, traveller datang ke lokasi untuk mengunjungi peternakan lokal dan mencoba membeli beberapa komoditas langsung di tempat ini. Sesampai ke air terjun, mereka bisa melihat air terjun yang indah dan megah yang menampilkan air menyegarkan.

 

Dikelilingi oleh alam yang masih asli seperti pegunungan berbatu dan pepohonan lebat, membuat air terjun ini nyaman bagi siapapun. Ketika melihat suasana sekitar, memang meremajakan! Fitur penting lainnya dari tempat ini adalah formasi pohon durian. Jika traveler datang pada waktu yang tepat, itu berarti mereka bisa menikmati pemandangan dan kesegaran alam sambil makan buah durian dan buah-buahan lain bersama dengan teman atau keluarga.

Untuk menjelajahi Air Terjun Reje Ilang dibutuhkan jalan kaki singkat beserta dengan trekking. Hal ini karena air terjun berada di tengah hutan sehingga pengunjung harus melewati berbagai jenis lanskap termasuk rumah-rumah penduduk lokal, pertanian, perkebunan kopi, dan vegetasi. Perjalanan pertama adalah mengunjungi Desa Meriah Jaya. Dari desa ini, traveller perlu jalan kaki sekitar beberapa menit dan langsung menuju ke lokasi. Meski aktivitas cukup melelahkan, usaha itu tidak akan sia-sia belaka. Di sisi lain, ini sangat menarik karena akan melalui jalan dengan pemandangan pepohonan hijau dan udara yang menyegarkan !

Jarak antara desa dan air terjun sekitar 1.000 meter sehingga lebih baik membawa air kemasan dan memakai sepatu yang nyaman saat trekking. Di lokasi, wisatawan bisa melihat air terjun yang menakjubkan dengan ketinggian sekitar 30 meter. Belum lagi kolam yang indah berada di bawahnya, memiliki kedalaman sekitar 6 meter. Aktivitas pertama yang harus dilakukan di situs ini pasti akan mandi di bawah air terjun. Air terasa dingin di pagi hari, tapi cukup menyegarkan.

Apa aktivitas menarik selanjutnya? Traveller bisa meluangkan waktu untuk menjelajahi sekitar air terjun dan memotret lingkungan sekitar. Mereka bahkan tidak perlu memiliki kemampuan fotografi yang baik untuk menikmati aktivitas ini. Aktivitas menarik lainnya yang harus dilakukan adalah mempelajari sejarah air terjun. Dikatakan seorang raja setempat menyembunyikannya untuk beberapa lama. Tak heran, namanya termasuk “Raja”. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat atau pemandu wisata kemudian.

Jarak antara Kota Banda Aceh dan Kecamatan Timang Gajah di Kabupaten Bener Meriah sekitar 291 km dan dibutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk sampai ke tempat tujuan. Begitu sampai ke Timang Gajah, tujuan selanjutnya adalah Desa Meriah Jaya dimana air terjun berada. Transportasi terbaik adalah dengan menyewa mobil dari Banda Aceh atau Takengon.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-alam/air-terjun/air-terjun-reje-ilang-di-timang-gajah-keindahan-alam-yang-tersembunyi-di-kabupaten-bener-meriah-aceh
Comments
Loading...